Keraton Surakarta Kuak Misteri Bangunan Mirip Pagoda

Kamis, 20 Juni 2013 - 15:49 wib | Bramantyo - Okezone

Pagoda misterius yang ditemukan di Komplek ISI, Solo (Foto: Bramantyo/Okezone)

Keraton Surakarta Kuak Misteri Bangunan Mirip Pagoda
SOLO - Tabir misteri bangunan mirip Pagoda yang terletak di Kampus II Institut Seni Indonesia (ISI) jalan Ring Road Rt 006/028 Mojosongo, Solo, Jawa Tengah, mulai terungkap. Keraton Surakarta menguaknya.

Pihak Keraton Kasunanan Surakarta menyatakan bila dalam sejarah berdirinya Keraton Mataram, tidak terdapat Pagoda di tanah Jawa. Putra almarhum Paku Buwono XII, Gusti Pangeran Haryo (GPH) Suryo Wicaksono, mengatakan bahwa kawasan dimana terdapat bangunan mirip Pagoda dekat Alas Krendowahono, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah.

Alas Krendowahono sendiri bagi Keraton Kasunanan Surakarta merupakan satu bagian yang tidak terpisahkan dalam berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta setelah Kerajaan Mataram dibagi dua oleh Pemerintah Hindia Belanda kala itu.

"Kalau memang Pagoda tersebut ada di saat Keraton berdiri, atau paling tidak saat pemerintahan sebelum PB XIII berkuasa, sudah pasti dalam literatur berdirinya atau pemerintahan Keraton pasti Pagoda tersebut ada. Apalagi, letak bangunan yang katannya mirip Pagoda dekat dengan alas Krendawohono yang tidak bisa dipisahkan dari Keraton Kasunanan Surakarta," kata pria yang akrab disapa Gusti Nino ini kepada Okezone di Solo, Jawa Tengah, Kamis (20/6/2013).

Menurut Nino, jalur menuju kawasan "Pagoda" tersebut sering dipergunakan pihak Keraton Kasunanan Surakarta bila menuju ke alas Krendowahono. Seperti halnya Pantai Selatan dan Gunung Merapi yang tidak bisa dipisahkan dengan Keraton Yogyakarta, Alas krendowahono juga penyeimbang Keraton Kasunanan Surakarta selain Gunung Lawu.

Pasalnya, Alas Krendowahono memiliki dua arti penting bagi Keraton Kasunanan Surakarta. Pertama, sering digunakan Keraton Kasunanan Surakarta sebagai tempat ritual syukuran kepada sang Maha Pencipta atas karunia yang diberikan termasuk memberikan izin berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta hingga saat ini.

"Kedua, Alas krendowahono merupakan bagian terpenting bagi Keraton Kasunanan, karena saat Paku Buwono (PB) VI berkuasa, PB VI pernah dijadikan lokasi persembunyian PB VI bersama Pangeran Diponegoro. Sebelum akhirnya PB VI ditangkap dan dibuang ke Ambon oleh Belanda karena dianggap membantu pelarian Pangeran Diponegoro," paparnya. Sehingga, bila Pagoda tersebut sudah ada sejak dulu, tentu akan masuk dalam sejarah Keraton Kasunanan, termasuk berdirinya Kerajaan Mataram. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 17:05 WIB

      Pengalaman Miss Earth di Thailand

      Thailand merupakan wisata Asia Tenggara. Miss Earth Margenie Winarti menceritakan pengalaman menjelajah wisata di negeri Gajah Putih.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 16:03 WIB

      Thailand, Negeri Penuh Histori

      Thailand merupakan negara di Asia Tenggara memiliki wisata histori. Hal tersebut diceritakan Miss Earth Air 2014 Margenie Winarti.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 15:00 WIB

      Ke Thailand, Sambangi Sukhothai

      Thailand merupakan negara di Asia Tenggara yang harus dikunjungi ketika berwisata. Salah satu tak boleh dilewatkan adalah Sukhothai.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 14:19 WIB

      Lepas Lampion, Warga Jakarta Kecewa

      Ada yang kurang memuaskan dari acara syukuran rakyat di Monas. Pelepasan lampion yang dinanti tidak berjalan seperti diharapkan.

       

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 14:02 WIB

      Miss Earth Air 2014 Betah di Thailand

      Asia dikenal ramah tamahnya, termasuk Thailand. Hal ini diakui Miss Earth Air 2014 Margenie Winarti. Baginya merasa betah ada di Thailand

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 12:00 WIB

      "Pesta Rakyat Kok Sisakan Sampah"

      Syukuran rakyat Salam Tiga Jari telah usai digelar di Monas, tapi meski usai Monas menyisakan banyak sekali sampah bekas makanan.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 11:36 WIB

      Pesta Rakyat, Monas Tampil Beda

      Monumen Nasional berbeda dari biasanya saat syukuran rakyat. Monas yang biasa tampil polos, kini dihias beberapa simbol bertema Indonesia.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 11:00 WIB

      Monas Disulap Jadi Tempat Hiburan

      Monas disulap menjadi tempat hiburan bagi rakyat Indonesia. Terutama bagi orang-orang yang hadir pada malam Syukuran Rakyat.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 10:39 WIB

      Edukasi Anak lewat Pesta Rakyat Jokowi

      Acara syukuran rakyat digelar di Monas. Banyak warga datang bersama keluarga. Ajang ini dijadikan buat edukasi anak soal budaya Indonesia

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 07:00 WIB

      "Jangan Biarkan Andong Hilang dari Jakarta"

      Ada pemandangan lain dari parade pawai budaya di Bundaran Hotel Indonesia. Tidak hanya dibanjiri ratusan ribu orang, tetapi juga andong.

    Baca Juga

    Pengalaman Miss Earth di Thailand