Menu Puasa untuk Anak-Anak ala Chef Juna

|

Johan Sompotan - Okezone

Semangka, makanan buka puasa yang pas buat anak-anak (Foto:sodahead)

Menu Puasa untuk Anak-Anak ala Chef Juna
BULAN Ramadan telah tiba. Berpuasa tak hanya dijalani orang dewasa, anak-anak pun demikian. Ketahui menu pas untuk anak-anak saat belajar puasa.
 
Chef Juna mengatakan, selama berpuasa tubuh akan kekurangan cairan. Maka, usahakan mencari asupan makanan yang tinggi kadar air untuk mengembalikan cairan tubuh saat berbuka puasa.
 
"Berbuka puasa untuk anak-anak, jangan samakan dengan orang dewasa. Berikan asupan makanan yang memiliki kadar air tinggi, bisa berikan buah-buahan," katanya kepada Okezone di Jakarta, baru-baru ini.
 
Baginya, ada beberapa buah yang sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak pada saat berpuasa, seperti nanas. Pemilik nama asli Juna Rorimpandey ini mengatakan, nanas memiliki kadar asam tinggi sehingga bisa merusak pencernaan.
 
"Berikan anak-anak buah-buahan yang memiliki karakter manis, misalnya melon, semangka, pepaya. Berikan pada saat berbuka dengan air putih," imbuhnya.
 
Chef Juna menyarankan, anak-anak yang berpuasa lebih baik tidak mengonsumsi minuman berkadar gula tinggi. "Gula memang bisa mengembalikan energi tubuh, tapi tidak berlaku pada anak-anak. Kasih mereka makanan bergizi, seperti buah-buahan maupun sayuran. Bila anak tetap ingin mengonsumsi makanan manis, ada baiknya berikan beberapa jam setelah makan buah-buahan," tegasnya.
 
Sebenarnya, makanan manis bisa diberikan pada anak-anak, dengan kadar manis yang diperhatikan. "Untuk berbuka puasa, Anda bisa berikan kolak, tapi cukup separuh porsi. Jangan terlalu banyak memberikan makanan manis pada anak," tutupnya. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Junior MasterChef Indonesia Hadir Kembali