Tanaman Rumahan yang Bisa Dijadikan Obat

|

Qalbinur Nawawi - Okezone

Jahe (Foto: Google)

Tanaman Rumahan yang Bisa Dijadikan Obat
DI Indonesia terhampar banyak tanaman yang memiliki kemampuan mengobati penyakit non-infeksi. Karena itu tak ada salahnya Anda menanam tanaman obat di rumah agar saat dibutuhkan bisa menimalisasi keluhan penyakit.

Sudah ada 300 tanaman yang sudah terstandarisasi bahwa memiliki kemampuan mengobati berbagai keluhan penyakit. Sehingga bila seseorang mengonsumsinya bisa dapat meringankan penyakit sampai menyembuhkannya. Contohnya penyakit gangguan pencernaan, masuk angin, batuk-flu dan lain-lain.

Berikut, Dr. Abrijanto SB selaku dokter dan ahli herbal dari PT. Deltomed mengulas beberapa tanaman obat yang bisa ditanam di halaman rumah guna mengobati berbagai penyakit:

Jahe


Jenis tanaman ini sudah diketahui lama memiliki kandungan inflamasi dimana sangat mengobati keluhan kesehatan. Contohnya melancarkan gangguan pencernaan, mengobati mual dan menghangatkan badan. Agar efek maksimal, jangan terlalu banyak memasukkan jahe saat Anda ingin meminumnya. Pasalnya, hal tersebut bisa membuat tubuh jadi panas. Kemudian, bila saat merebus jahe ini masih terasa pahit, Anda bisa menambahkannya dengan madu ataupun gula aren agar pahitnya tak begitu saat diminum.

Daun mint

Banyak manfaat yang bisa diambil bila seseorang mengonsumsi daun mint, di antaranya ialah mengatasi gangguan hidung tersumbat, nafas tak sedap dan juga mengatasi mual dan gangguan pencernaan.

Daun meniran

Daun meniran sudah banyak diakui bahwa ia dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini bisa dilihat dari kandungannya yang termasuk ke dalam berbagai obat kemasan herbal modern dimana fungsi kesehatan utamanya ialah dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

Jambu biji

Dengan cara dikunyah langsung atau dengan dipadukan dengan madu dan garam, daun jambu bisa menjadi obat diare yang ampuh untuk seseorang. (ind)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Gagal Vaksin Kanker, Jesslyn Ingin Coba Lagi