Deretan Pelayanan Kesehatan yang Tak Dijamin Jamkesnas

|

Qalbinur Nawawi - Okezone

Sosialisasi Jamkesnas (Foto: Qalbi/Okezone)

Deretan Pelayanan Kesehatan yang Tak Dijamin Jamkesnas
MESKI Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memberikan pelayanan kesehatan yang diperlukan dari preventif sampai kuratif. Nyatanya,ada juga pelayanan kesehatan yang tak dijamin oleh JKN. Benarkah?

Ya, pelayanan kesehatan JKN yang berjalan per tanggal 1 januari 2013 tak serta merta semua ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan. Akan tetapi, ada juga pengecualian dari peserta pelayanan kesehatan JKN.

Nah, apa saja pelayanan yang tak dijamin oleh JKN itu. Berikut,Drg.Usman Sumantri. M. PH selaku Kepala Pusat Pembiayaan dan Jaminan kesehatan Kementerian Nasional membantu menjelaskan mengenai pelayanan kesehatan yang tak dijamin.

-       Peserta JKN harus menjalani sesuai prosedur untuk mendapat fasilitas kesehatan yang diberikan JKN. Misalnya harus berobat ke rumah sakit sesuai rujukan dokter.
-       Pelayanan diluar fasilitas kesehatan yang berkerjasama dengan BPJS
-       Pelayanan bertujuan kosmetik
-       Pelayanan genereal check up, pengobatan alternatif, pengobatan untuk mendapatkan keturunan atau pengobatan untuk mengatasi impotensi
-       Pelayanan kesehatan pada terjadi saat terjadi bencana, pasien bunuh diri, penyakit yang timbul akibat kesengajaan untuk menyiksa diri sendiri, dan akibat mengonsumsi narkoba.

Sementara itu, ada juga pelayanan kesehatan yang dibatasi untuk peserta JKN, seperti, pemberian kaca mata, alat bantu dengar, alat bantu gerak seperti tongkat penyangga, kursi roda dan korset . (ind)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Benarkah Sering Minum Susu Rentan Patah Tulang?