Ciri-Ciri Pisang Kepok Berkualitas

|

Genie - Genie

Pisang kepok (Foto: pasarminggu)

Ciri-Ciri Pisang Kepok Berkualitas
PISANG kepok, biasanya Anda temui pada suguhan menu bersantai alias camilan. Sudahkah Anda mengetahui lebih dalam tentang pisang kepok?

Simak beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar buah satu ini:

- Ada dua jenis pisang kepok, yaitu pisang kepok putih dan pisang kepok kuning. Pisang kepok putih lebih kecil, kulitnya tipis, isinya empuk, tapi kurang enak. Sementara, pisang kepok kuning (biasa disebut merah) lebih besar. Kulitnya lebih tebal, isinya lebih padat, dan rasanya lebih enak. Biasanya banyak diolah sebagai pisang goreng atau keripik pisang.

- Kandungan nutrisi pisang setiap satu buahnya mengandung 11mg kalsium, 35mg fosfor, 1mg zat besi, 503mg potassium, 260IU vitamin A, 1mg niasin, dan 14mg vitamin C.

- Khrom yang terkandung dalam pisang bersama insulin berfungsi dalam metabolisme karbhohidrat yang memfasilitas masuknya glukosa ke dalam sel-sel tubuh. Kekurangan khrom dapat menyebabkan terjadinya gangguan toleransi glukosa. Khrom juga berfungsi dalam metabolisme lipid (lemak tubuh). Pisang juga kaya serat yang sangat baik untuk pencernaan.

- Ciri pisang kepok yang baik, yakni berbentuk padat, besar, dan bila diangkat lebih berat.

- Supaya pisang tidak cepat matang dan lebih tahan lama, bungkus dengan plastik dan simpan di dalam lemari es.

- Kalau pisang matang karena disemprot, warnanya kuning merata dalam satu sisir. sementara kalau pisang matang di pohon, warna kuningnya tidak merata (sebagian kuning dan sebagian lainnya masih mentah atau berwarna hijau). (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kentang Goreng Fastfood, Karina Salim Suka