Inilah Prosesi Pernikahan Putri Sultan HB X

|

Ainun Fika Muftiarini - Okezone

GKR Hayu & KPH Notonegoro (Foto: Kratonwedding)

Inilah Prosesi Pernikahan Putri Sultan HB X
SULTAN Hamengku Buwono X akan kembali menikahkan putri tercintanya, Gusti Kanjeng Ratu Hayu. Putri keempat dari pernikahan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas itu akan dipersunting oleh Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro.
 
Sama seperti pernikahan putri-putri keraton sebelumnya, kedua mempelai juga akan melalui beberapa prosesi. Prosesi pertama yang harus dilakukan adalah Nyekar atau mengunjungi makam leluhur. Prosesi tersebut akan dilakukan pada 13 Oktober 2013 di makam Panembahan Senopati, sebagaimana dirilis Kratonwedding.
 
Prosesi kedua yang harus dijalani oleh calon mempelai adalah Nyantri. Prosesi yang dilanjutkan dengan siraman tersebut, rencananya dilakukan pada 21 Oktober 2013 di Bangsal Kasatriyan dan Sekar Kedhaton.
 
Di hari yang sama, prosesi Majang Pasareyan, Tarub, & Bleketepe juga turut dilakukan di Gedog Proboyekso, Pagelaran, Kuncung Tratag Bangsal Kencana. Setelah itu, calon mempelai wanita akan melakukan Tantingan dan Midodareni.
 
Sementara prosesi akad nikah GKR Hayu dan KPH Notonegoro akan berlangsung pada 22 Oktober 2013 di Masjid Panepen Keraton Yogyakarta. Setelah itu dilanjutkan prosesi Panggih di Tratag Bangsal Kencana dan Tampa Kaya & Dahar Klimah di Bangsal Kasatriyan.
 
Lalu pada 23 Oktober 2013, kedua mempelai akan melakukan kirab dengan rute dari Keraton Yogyakarta menuju Gedung Kepatihan tempat resepsi digelar.
 
Setelah resepsi, kedua mempelai kemudian menutup rangkaian acara dengan upacara pamitan pada malam harinya. Prosesi tersebut akan berlangsung di Gedhong Jene dan dihadiri oleh keluarga mempelai wanita dan keluarga mempelai pria.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bayi Merekam Perilaku Orangtua