Langkah Antisipasi IDI Terkait Kasus Dugaan Malpraktik

Senin, 18 November 2013 - 15:24 wib | Helmi Ade Saputra - Okezone

Dr Zainal Abidin MH.Kes (Foto: Feri/Okezone)

Langkah Antisipasi IDI Terkait Kasus Dugaan Malpraktik
KASUS penahanan Dr. Dewa Ayu, Sp.OG oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, Manado membuat Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengambil langkah-langkah antisipasi terhadap kasus tersebut. Apa langkah antisipasi IDI?

"Kami hanya minta kepada teman-teman untuk tetap hati-hati dan melaksanakan tindakan-tindakan sesuai prosedur yang baik," jelas Dr. Zaenal Abidin MH.Kes, Ketua Umum IDI  di Kantor Pengurus IDI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (19/11/2013).

Tetapi untuk kasus ditahannya Dr. Dewa Ayu, Sp.OG, Dr. Zaenal mengatakan bahwa antisipasi mereka adalah harus menang di Peninjauan Kembali (PK). Hal ini menurutnya kalau tidak menang PK, maka bisa menjadi yurisprudensi.

"Artinya, kalau ada dokter yang melayani pasiennya atau kemudian meninggal, maka dokter yang bersangkutan bisa juga dijerat pidana seperti kasus ini, itu yang kami takutkan" jelasnya.

Sementara itu, menurutnya, bila tidak menang PK, itu merupakan malapetaka karena yang rugi bukan hanya dokter, tetapi seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini karena masyarakat Indonesia tidak akan medapatkan pelayanan kedokteran dengan baik, terutama kasus-kasus emergency.

“Terutama yang operasi, karena emergency itu potensi kasus kegagalannya lebih besar dibandingkan kondisi normal," jelasnya.

Sebelumnya, PK Mahkamah Agung menyatakan bahwa tiga dokter kandungan, yaitu Dr. Dewa Ayu Sasiary Prawani, dr Hendry Simanjuntak, dan dr Hendy Siagian bersalah melakukan malpraktik terhadap Julia Fransiska Makatey. Ketiga dokter tersebut melakukan operasi cito secsio sesaria terhadap korban. Namun, tim Jaksa Penuntut Umum Kejari Manado menilai ketiga dokter tersebut melanggar Pasal 359 KUHP. (tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Menkes di era Jokowi, Tak Harus Profesi Dokter