''Kasus Dokter di Manado Bukan Malpraktik''

Jum'at, 22 November 2013 - 10:09 wib | Helmi Ade Saputra - Okezone

Ilustrasi saat operasi (Foto: Google)

''Kasus Dokter di Manado Bukan Malpraktik''
SALAH satu risiko kehamilan yang mungkin terjadi ketika persalinan adalah emboli. Kondisi itu sangat fatal seperti yang terjadi pada kasus dr. Dewa Ayu di Manado. Lantas, Apa itu emboli?
 
Menurut Direktur Morula IVF Indonesia, dr. Ivan R. Sini, SpOG emboli merupakan suatu kondisi yang sangat jarang sekali terjadi. Selain itu, dia mengatakan bahwa emboli memang sangat sulit sekali untuk bisa dideteksi ataupun diprediksi.
 
"Jadi, kalau kita bicara tentang emboli, itu ada emboli udara dan emboli air ketuban, dan itu yang paling sering," jelas dr. Ivan kepada Okezone di RSU Bunda Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.
 
Lantas, bagaimana proses emboli itu terjadi? dr. Ivan mengatakan bahwa biasanya proses terjadinya emboli itu hanya dalam hitungan menit dan dalam hitungan paling lambat satu atau dua jam. Sementara itu bila mengenai emboli udara, menurut dr. Ivan, itu bisa datang tanpa bisa kita prediksi.
 
"Jadi ,namanya udara itu bisa masuk ke pembuluh darah, kemudian lari ke paru-paru. Begitu masuk ke paru-paru, maka semua sistem bekuan darah akan mengental, ini akan menyebabkan gangguan sirkulasi darah dalam tubuh manusia," jelas dr. Ivan.
 
"Jadi, kalau ditanya soal kasus di Manado, saya setuju itu bukan masalah malpraktik, itu masalah risiko orang yang memang sangat tinggi sekali," tutupnya.
 
 
 
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ketua IDI: Jokowi Harus Pro-Kesehatan