2014, Dinkes Depok Fokus Tanggulangi TBC & Filariasis

|

Marieska Harya Virdhani - Okezone

Ilustrasi tuberkulosis (Foto: Google)

2014, Dinkes Depok Fokus Tanggulangi TBC & Filariasis
PEMERINTAH Kota Depok mempunyai program Gertak TB untuk mendeteksi secara dini dan membantu mengatasi penuntasan penyakit Tuberculosis (TBC). TBC adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman TBC (Mycobacterium tuberculosis).

TBC lebih sering menyerang paru-paru, namun juga dapat menyerang bagian tubuh lain seperti selaput otak, kulit, tulang, kelenjar getah bening, dan bagian tubuh lainnya. Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Lies Karmawati mengatakan, selain meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan, di tahun 2014 pihaknya fokus menekan angka penderita TBC.

"2014 kami akan melakukan pendeteksian TBC, target mengurangi, mendeteksi dan menyembuhkan 2 ribu pasien, tahun 2013 baru 50 persen yang terdeteksi, sisanya di tahun 2014 yang juga akan fokus dalam tahap penyembuhan," jelasnya di Depok, Kamis (26/12/2013).

Aksi Gertak TB ( Gerakan Deteksi Aktif Infeksi TB) sebelumnya sempat dilakukan untuk mendata dan memerangi serta memberantas penyakit Tuberkulosis. Selain fokus pada penanganan penderita TBC, Lies menjelaskan bahwa Depok juga akan fokus pada pengobatan penyakit kaki gajah (filariasis).

Sebab Depok sudah sejak beberapa tahun lalu dinyatakan endemis penyakit tersebut. Filariasis merupakan penyakit yang disebabkan oleh cacing Filaria dan ditularkan melalui nyamuk.

Penyakit ini dapat menimbulkan cacat, seperti pembesaran pada kaki, buah zakar, payudara dan alat vital wanita. Selain itu, penyakit ini menyerang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Baik laki-laki, wanita, tua, muda dan anak-anak bisa terserang.

"Tiga tahun berturut - berturut kan sudah dilakukan pengobatan massal filariasis, tahun depan akan kami lakukan lagi. Saat ini ada 23 warga yang kini sedang dalam tahap penyembuhan, kami juga mengimbau agar masyarakat selalu meningkatkan Pola Bersih Hidup dan Sehat (PHBS)," tegasnya. (ind)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ejakulasi Dini Penyebab Terbesar Diabetes