Apa Itu Guacamole pada Masakan Meksiko?

|

Fitri Yulianti - Okezone

Guacamole (Foto: thedailymeal)

Apa Itu Guacamole pada Masakan Meksiko?
MAKANAN Meksiko semakin dikenal warga di Ibu Kota pada 2013, dengan dibukanya beberapa restoran yang mengusung menu ini. Satu menu tidak pernah lepas dari hidangan Meksiko adalah guacamole.

Secara tampilan, hidangan Meksiko memang menggoda selera dengan pemakaian banyak sayuran dan bahan makanan segar. Di antara semuanya, guacamole menjadi satu di antaranya.

Potongan alpukat matang ditambah air jeruk nipis dan garam, sesederhana itu bahan guacamole, tapi mampu memberikan kesegaran tersendiri saat disantap bersama nachos. Bahan-bahan tersebut kemudian dihancurkan bersama di dalam mangkuk hingga lembut. Tambahkan pula tomat dipotong dadu, bawang bombay, cabai jalapenos (yang berasal dari Meksiko) tapi bisa diganti cabai jenis lain, dan irisan cilantro. Bahan lainnya yang ditambahkan sebagian orang biasanya bersifat eksperimental.

Apakah Anda suka guacamole dengan sedikit bawang putih panggang, beberapa buah tropis, seafood segar, atau mungkin keju? Apapun, sajikan sesuai selera. Dan, saat lain waktu membuat pesta, Anda bisa menyuguhkan sambal salsa dan guacamole dengan berbagai keripik (orang Meksiko biasanya dengan nachos).

Namun, pahami dulu dasar-dasar mengolah buah alpukat, apalagi bila Anda belum pernah melakukannya. Pertama-tama, ketahui bila daging alpukatnya memang sudah matang. Teksturnya harus sedikit lembek ketika dipegang, tapi idealnya tidak memar atau terjadi perubahan warna.

Ambil pisau kecil dan masukkan bagian lancipnya mulai dari ujung alpukat hingga bertemu ujung lainnya dalam bentuk melingkar. Letakkan buah alpukat pada telapak tangan lalu putar ke arah berlawanan. Jika alpukat itu matang, maka kedua bagiannya bisa dipisahkan dengan mudah. Jika tidak, sebaiknya Anda tidak mengolahnya menjadi guacamole.

Buang biji alpukat menggunakan pisau dengan gerakan memutar sedikit lalu sendoki dagingnya menggunakan sendok kecil. Ini bagian terpenting, segera peras jeruk nipis atau jeruk lemon di atas daging alpukat untuk mencegahnya dari oksidasi dan berubah warna menjadi coklat. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mochi Tiramisu, Es Krim Jepang yang Menggoda