Hati-Hati jika Tubuh Anak Mendadak Lebam

Hati-Hati jika Tubuh Anak Mendadak Lebam

(Foto: dok. RS Meilia)

DOK, anak saya perempuan berumur 3 tahun. Pahanya sering biru-biru, padahal tidak jatuh. Apa benar itu karena kecapekan ya dok? Lalu apa yang harus dilakukan? Terima kasih.

Ossa, 27 tahun

Jawab:

Hi Bunda Ossa, bila memang tidak terjadi benturan atau trauma yang mengakibatkan terjadinya kondisi lebam, yakni membiru pasca terjatuh atau terbentur, maka sebaiknya diperiksa apakah ada tanda perdarahan di hidung, mulut, bengkak di persendian? Apakah ada keluarga menderita kelainan darah?

Perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium, serta berkonsultasi dengan dokter. Salah satu indikasi penyebab, termasuk di antaranya adalah faktor pembekuan ataupun terjadi perdarahan.

Banyak mitos yang berkembang seiring dengan kejadian lebam tanpa sebab. Namun, dalam aspek medis, hal ini dapat terjadi akibat kendala lapisan jaringan di bawah kulit, termasuk jaringan pembuluh di lapisan kulit yang mudah rapuh atau dapat pula disebabkan oleh jumlah trombosit yang kurang.

Umumnya, masyarakat menjelaskan hal tersebut sebagai dampak dari kelelahan, hal ini dapat berkorelasi dengan siklus metabolisme tubuh yang tidak baik sehingga membuat jumlah sel dalam tubuh rusak ataupun berkurang. Sebaiknya periksakan lebih jauh bila tidak lekas pulih, atau berulang dengan jumlah lebam yang lebih banyak maupun lebih luas. Demikian yang dapat dijelaskan, terima kasih.

dr Dana Nur Prihadi, SpA
Spesialis Kesehatan Anak di RS Meilia Cibubur
(ftr)

Baca Juga

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?