Obat Pengganti Kortikosteroid untuk Penderita Leukimia

Obat Pengganti Kortikosteroid untuk Penderita Leukimia

Ilustrasi obat-obatan (Foto: livescience)

DOKTER, saya memiliki saudara yang menderita leukimia dan dia dia diharuskan untuk mengonsumsi obat kortikosteroid. Belakangan, saya baru tahu obat itu berefek samping membuat seseorang mengalami osteoporosis.

Pertanyaan saya, adakah obat lain yang bisa dia konsumsi? Sebabnya, saudara saya masih muda, saya tidak mau dia mengalami osteoporosis diusianya yang masih muda. Atau mungkin, dokter punya siasat agar risiko osteoporosis diturunkan, seperti dengan mengonsumsi obat kortikosteroid ditambah obat tertentu?

Deray-Surabaya

Jawaban:

Halo Mas Deray, mengenai apakah ada obat pengganti itu, mohon maaf saya tidak bisa menjelaskan detail. Sebab, saya tidak tahu saudara Anda itu menderita leukimia jenis apa, kan ada macam-macamnya dan setiap jenis leukimia yang diderita akan berbeda obat-obatnya.

Kalau untuk obat golongan kortikosteroid, itu memang sudah jadi pengobatan standar leukimia. Dan, apakah ada obat jenis lain, sampai saat ini belum ada penggantinya.

Sementara, untuk pertanyaan adakah siasat untuk mengurangi risiko osteoporosis dengan mengonsumsi obat tertentu sebagai obat tambahan? Sayangnya, tidak bisa sebab osteoporosis sudah risiko yang sudah melekat bagi orang yang mengonsumsi obat kortikosteroid.

Semoga penjelasan saya membantu.

Salam
Prof. Dr. dr. Armen Muchtar, DAF, DCP, SpFK (K)
Farmakolog dari Departemen Farmakologi RSCM
(ftr)

Baca Juga

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?