Tidak Tuntas Jalani Pengobatan, Cedera Lutut Bisa Sembuh?

Tidak Tuntas Jalani Pengobatan, Cedera Lutut Bisa Sembuh?

Ilustrasi nyeri lutut (Foto: Spesialistpainphysio)

DOKTER, lutut saya dulu pernah terpelintir ke kanan karena kaki salah mendarat saat main sepakbola. Saya lalu diharuskan mengikuti serangkaian pengobatan dan fisioterapi karena ligamen sobek.

Tapi di tengah jalan, saya tidak melanjuti lagi karena merasa kaki terasa lebih baik. Meski begitu, saya masih penasaran, apakah kondisi tersebut sudah bisa dikatakan sembuh? Terima kasih, Dok.

Hendri-Depok

Jawab:

Halo Pak Hendri, saya tidak bisa menjawab apakah Anda sudah sembuh atau tidak, secara langsung. Sebab, cedera lutut terjadi ada di bagian dalam, jadi tidak bisa hanya dilihat atau dirasakan.

Biasanya sebelum mendiagnosis pasien, saya melakukan wawancara dan pemeriksaan dulu dengan scan MRI untuk melihat jaringan lunak atau otot ligamennya, adakah yang rusak? Jika saya sudah menerima hasil scan, biasanya baru saya bisa memberi penjelasan. (Baca: Lutut Cedera Usai Berlari, Bolehkah Dipijat?)

Dari semua itu, artinya untuk mengecek apakah Anda sudah sembuh atau ligamen Anda masih sobek, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Lakukan juga pemeriksaan scan MRI. Semoga menjawab.

Salam,

Dr. L. Andre Pontoh, SpOT (K)
Jakarta Knee & Shoulder Orthopaedic Sports Center RSP
(fik)

Baca Juga

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?