Mengatasi Anak Tidak Nafsu Makan karena Alergi

Mengatasi Anak Tidak Nafsu Makan karena Alergi

anak tidak nafsu makan karena alergi (Foto: Levyousa)

LUKMAN (4 tahun) memiliki berat dan tinggi badan yang normal sesuai dengan usianya. Ia juga aktif dan terlihat sehat. Namun, ia mengalami masalah saat makan. Ia tidak menghabiskan makanannya, memilih-milih makanan, tidak nafsu makan dan kadang dimuntahkan.

Selain itu, ia suka mengalami sendawa dan buang angin. Setelah diperiksakan ke dokter, Lukman memiliki gizi, berat dan tinggi badan yang baik. Rongga mulutnya baik. Namun, Lukman mengalami kembung.  Dokter pun menelusuri penyakit yang dialami orangtuanya. ternyata ayahnya memiliki asma dan ibunya menderita eksim. Sehingga dokter mencurigai anaknya memiliki gangguan pencernaan yang disebabkan oleh alergi makanan.



Solusi:

 

Untuk memastikannya, dilakukanlah tes alergi. Ternyata benar, Lukman mengalami alergi makanan terhadap susu sapi dan seafood. Akhirnya dokter memberikan pengaturan makanan dengan menghindari makanan-makanan yang menjadi pencetus alergi. Setelah dilakukan diet terhadap susu sapi dan seafood selama 2 bulan, nafsu makan Lukman akan kembali normal dan tidak lagi kembung serta buang angin.
(fik)

Baca Juga

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?