Balita Obesitas karena Doyan Makan

Balita Obesitas karena Doyan Makan

Balita Obesitas karena Doyan Makan (Foto: Lanereport)

DOKTER, anak saya Rizka, usianya 5 tahun, sebenarnya tidak mengalami susah makan. Dia doyan sekali ngemil, bahkan cenderung susah berhenti makan. Badannya terlihat sehat, aktivitasnya juga lancar

Namun, berat dan tinggi badannya melebihi usianya. Sempat dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter, ternyata berat badan Rizka melebihi normal, bahkan masuk kategori obesitas atau gizi lebih. Dia sering sekali minum susu yang melebihi takaran per harinya.

Anak saya juga suka mengonsumsi berbagai makanan, jika tidak diberikan maka dia akan mencarinya sendiri. Bahkan, dia mengonsumsi jus buah dengan porsi berlebihan dengan gula untuk menambah manis rasanya. Lalu, apa yang harus saya lakukan untuk mengontrol nafsu makannya agar tidak mengalami obesitas? (Baca: Makan sayur & buah bisa bikin gemuk?)

Jawab:

Bunda, saran saya adalah siasati pola pemberian makannya. Mengingat gigi Rizka sudah lengkap, maka dia tidak lagi perlu diberikan jus buah. Berikan saja buah potong agar Rizka mengunyah, juga jangan menambahkan gula saat mengonsumsi buah.

Bunda juga sebaiknya tidak lagi menyiapkan camilan-camilan di meja makan. Selain itu, bunda harus bisa mengalihkan perhatian anak dari makanan, menjadi kegiatan fisik.

dr. Vinci B.N. Sp.A., MM., MBA Spesialis Anak Klinik HKW, Mega Kuningan, Jakarta Selatan
 
(fik)

Baca Juga

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?