Apa Itu Penyakit Angin Duduk?

Apa Itu Penyakit Angin Duduk?

Mengenal penyakit Angin duduk (Foto: Bipolarnews)

DOKTER, saya ingin mendapat informasi yang jelas. Apa sih, penyakit angin duduk? Soalnya, paman saya, beberapa hari yang lalu meninggal. Kata istrinya, paman meninggal karena penyakit angin duduk. Saya baru dengan kalau ada penyakit angin duduk. Atas pehatian dan penjelasan Dokter, saya ucapkan terimakasih.  
Rani - Rawalumbu, Bekasi
 
Jawaban


Terimakasih atas pertanyaan Ibu Rani. Istilah penyakit angin duduk itu tidak dikenal di dunia kedokteran. Itu istilah dari masyarakat kita saja.  
Sesungguhnya, penyakit angin duduk adalah penyakit jantung koroner di dalam dunia kedokteran. Dalam hal ini, penyakit jantung yang diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah jantung.
 
Mengapa pembuluh darah jantung bisa menyempit? Karena terjadi penumpukan lemak jahat di dinding pembuluh darah. Lemak jahat dikenal dengan low density lipoprotein (LDL). Dikatakan jahat karena mengangkut kolesterol dan menyimpannya di dinding pembuluh darah. Sebaliknya, HDL adalah lemak bak karena membawa kolesterol menuju hati untuk dimetabolisme.
 
Dalam kondisi normal melalui pembuluh, darah dialirkan menuju jantung untuk membawa nutrisi dan oksigen bagi jantung, agar sehat dan bekerja dengan optimal. Karena pembuluh darah menyempit, aliran darah pun kian sedikit, sehingga jantung tidak mendapat cukup nutrisi dan oksigen. Akibatnya, jantung terganggu. Bahkan dapat berhenti dengan risiko kematian seperti Paman Rani. Itulah penyakit angin duduk.
 
Kenapa dikatakan penyakit angin duduk? ingat, sifat pembuluh darah adalah pada suhu dingin, pembuluh darah spasme (mengerucut) atau mengecil lumennya. Sebaliknya, pada suhu panas, pembuluh darah melebar. Kenapa demikian, karena pembuluh darah terdiri atas otot polos yang elastis.
 
Jadi, saat penderita jantung koroner terpapar angin dingin, pembuluh darah mengerucut, sehingga serangan jantungpun terjadi secara tiba-tiba. Saking sakitnya, sampai-sampai membuat penderita jatuh terduduk. Oleh masyarakat, itu disebut serangan penyakit angin duduk. Demikian jawaban saya. Semoga bermanfaat.
 


Dr. Suwardi
(fik)

Baca Juga

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?