Pacari Pria Lajang, Haruskah Ceraikan Suami?

Pacari Pria Lajang, Haruskah Ceraikan Suami?

Pacari pria lajang, bingung ceraikan suami (Foto: Google)

SAYA sudah menikah, namun saat ini pacaran dengan pria lajang. Saya merasa sangat nyaman dengan sang pacar. Tapi saya tidak bisa menceraikan suami karena sangat protektif.  
Apa yang harus saya lakukan? Ninis Tama, Surabaya.
 
Jawaban:
 
Dean Ninis,
 
Rasanya Ninis selalu punya pilihan untuk bercerai, begitu pun untuk bertahan. Yang menjadi pertanyaan besar bagi Ninis untuk dijawab adalah apakah Ninis hendak memilih rumput di halaman sendiri atau rumput tetangga yang terlihat lebih hijau. Maksud saya adalah apakah pacar saat ini terlihat indah dan nyaman untukmu karena dia membawa sesuatu yang baru dalam dirimu, yang dulu pernah kamu alami dengan suami, tetapi seiring waktu kemudian memudar? Dan apakah memang benar tidak ada lagi cinta dan kemesraan dengan suami dan berganti dengan kebosanan dan segala alasan buruk untuk meninggalkannya?


Tetap bertahan dalam situasi menikah dengan suami, tetapi berpacaran dengan orang lain memang memiliki keuntungannya sendiri, tetapi menyimpan peluang menjadi konflik besar yang akan menghancurkan banyak pihak. Butuh kepastian yang sudah ditelaah matang oleh semua pihak yang terlibat.
 
Maafkan saya tidak akan dapat menjawab pertanyaan Ninis tentang apa yang harus Ninis lakukan, karena bukan hak saya untuk memutuskan itu. Saran saya adalah Ninis menemui psikolog atau konselor pernikahan di kota tempat Ninis tinggal saat ini untuk mendiskusikannya lebih dalam dan menyeluruh. Karena pernikahan, perselingkuhan, dan perceraian adalah major life event (peristiwa besar dalam hidup) yang harus dipertimbangkan masak-masak. Semoga segera menemukan pilihan yang terbaik untukmu.
 
Salam
 
Fredrick Dermawan Purba
Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
(tty)

Baca Juga

Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?

Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?