Sejuta Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Sejuta Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Sejuta manfaat air kelapa untuk kesehatan (Foto: Boldsky)

AIR kelapa tidak hanya bermanfaat bagus untuk menghilangkan dahaga. Minuman yang mengandung elektrolit dan rendah lemak ini juga bisa meningkatkan kesehatan dan obat.

Selama berabad-abad, air kelapa digunakan sebagai sumber makanan sehari-hari oleh orang-orang yang tinggal di daerah tropis. Di wilayah tersebut, kualitas kelapa juga telah lama digunakan untuk pengobatan.

Menurut artikel ulasan oleh Alexia Prades dan kawan-kawan dalam jurnal Fruits pada 2012, air kelapa secara tradisional telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic India. Biasanya, penyakit yang bisa diobati yakni luka bakar, rambut rontok hingga gangguan jantung.

Penelitian yang dilakukan oleh Loma Linda University Medical Centre pada 2000 mengungkapkan bahwa air kelapa juga memainkan peran penting selama Perang Dunia II. Dalam keadaan darurat, air kelapa digunakan sebagai cairan infus ketika larutan garam medis tidak tersedia atau kurang. Mengonsumsi air kelapa juga meningkatkan cairan tubuh sama seperti minuman olahraga karbohidrat-elektrolit. Hal ini juga tercatat dalam Journal of International Society of Sports Nutrition dari University of Memphis.
 
Selain itu, sebuah artikel dalam Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, terbitan 2011 juga mencatat beberapa manfaat kesehatan yang mungkin didapatkan dari air kelapa. Di antaranya mengurangi anemia, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, mencegah berbagai kanker, melindungi terhadap serangan jantung, mengontrol hipertensi, dan menurunkan tekanan darah.
 
Air kelapa juga digunakan untuk mengobati kolera dan infeksi saluran kemih. Kemampuannya menangkal bakteri juga dapat mencegah penyebab sakit maag dan dapat membantu dalam mengobati sinusitis, gigi berlubang, keracunan makanan, dan diare.
 
Seperti dilansir dari Health24, walaupun sebagian besar manfaat kesehatan di atas belum ditangguhkan dengan percobaan klinis yang terkontrol, Anda tidak perlu ragu untuk menambahkan air kelapa ke dalam diet harian.
(fik)

Baca Juga

Cuka Sari Apel, Obat Kuat Alami untuk Atasi Disfungsi Ereksi

Cuka Sari Apel, Obat Kuat Alami untuk Atasi Disfungsi Ereksi