Apa Saja Perubahan Fisik Bumil Tiap Semester?

Apa Saja Perubahan Fisik Bumil Tiap Semester?

Perubahan saat masuki kehamilan (Foto: Liberationews)

DOK, saya kemarin sudah memeriksa hasil dari testpack. Dan ternyata hasilnya positif hamil. Yang ingin saya tanyakan adalah, apa saja perubahan fisik dan emosional yang dialami ibu hamil? Apa saja keluhaan-keluhan yang muncul tiap trimesternya?

Rini - Bekasi

Pada bulan-bulan pertama kehamilan, mungkin tidak akan banyak orang yang mengerti bila Anda sedang hamil karena belum terlihat perubahan yang nyata pada tubuh. Tapi sebenarnya tubuh secara aktif bekerja untuk menyesuaikan secara fisik dan emosional bagi proses kehamilan ini.

Dalam masa ini, pada 60 hari pertama organ janin mulai terbentuk. Pada tahap ini janin sangat sensitif terhadap unsur-unsur kimia di sekitarnya yang bisa mengakibatkan masalah dalam kelahirannya. Karena itu, hendaknya hati-hati jika akan mengonsumsi obat-obatan. Sebaiknya menghubungi dokter atau bidan untuk berkonsultasi jika merasa tidak enak badan.

Seringkali dijumpai BuMil mengalami mual dan muntah pada awal kehamilan. Namun, masalah itu hilang setelah memasuki bulan ketiga. Meski disebut morning sickness, bisa dialami BuMil kapan saja atau malah Anda tidak pernah mengalaminya. Biasanya BuMil kurang berselera makan pada awal-awal kehamilan. Meski demikian, BuMil tetap harus mengonsumsi makanan. Disarankan untuk makan dengan porsi sedikit tapi sering.

Trimester Kedua (Minggu ke 12- 24)

Memasuki trimester kedua kehamilan, perut ibu sudah mulai terlihat membesar. Ukuran dan berat janin juga semakin bertambah. Otomatis terjadi penekanan terhadap organ-organ di sekitar rahim. Tak jarang banyak ibu yang mengeluh di trimester II kehamilan ini. Adapun keluhan yang sering dirasakan diantaranya:

1. Kaki bengkak. Pada trimester kedua kehamilan, akan tampak sedikit pembengkakan pada bagian kaki dan tangan. Pembengkakan ini terjadi karena mekanisme penumpukan cairan di kaki, yang disebabkan banyak berjalan atau berdiri. Bertambahnya berat janin, otomatis juga dapat menyebabkan penekanan pembuluh darah besar yang kembali ke jantung. Pembengkakan juga terjadi karena peningkatan hormon yang menahan cairan. Apabila kaki ibu bengkak, kaki diangkat lebih tinggi atau sewaktu tidur diganjal menggunakan bantal.

2. Sering Pipis. Biasanya BuMil sering buang air kecil. Penyebabnya adalah pada trimester kedua ini, rahim sudah mulai keluar dari panggul. Bayi akan menekan kandung kencing.

3. Sakit pinggang. Ini terjadi karena sudah ada penekanan hingga gerakan bayi yang sangat mengganggu. Sampai-sampai perutnya tegang dan kencang. Jika BuMil merasa sakit, rebahkan tubuh minimal 10 menit.

Trimester Ketiga (Minggu 24-40)

Pada masa ini, BuMil akan semakin berat membawa si bayi yang berada dalam kandungan. Keluhan yang dialami pun sama dengan yang BuMil alami pada trimester kedua lantaran janin akan bertumbuh semakin pesat. Inilah saatnya mempersiapkan diri menghadapi persalinan.

Konsultan:

dr. Fakriantini Jayaputri, SpOG

RS Puri Cinere Jakarta

 

(ren)

Baca Juga

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?