Jatuh Cinta dengan Atasan Beristri

Jatuh Cinta dengan Atasan Beristri

Jatuh cinta dengan atasan beristri (Foto: Google)

MUNGKIN bisa dinilai gila bila saya jatuh cinta dengan atasan di kantor. Padahal, dia sudah punya pasangan. Bagaimana caranya membunuh perasaan suka kepadanya, karena saya rasa sebenarnya dia juga suka, cuma kita berusaha profesional dan tidak ingin melukai perasaan masing-masing jika diteruskan? Ratih, Semarang.

Jawaban:

Dear Ratih, jatuh cinta memang tidak dapat dikendalikan oleh pikiran, karenanya disebut cinta itu buta. Tapi menjalin relasi intim dengan siapa, itu tentunya pilihan sadar.

Seringkali menjaga agar diri sendiri tetap berada di batas “jatuh cinta”, tetapi tidak melangkah ke area “relasi intim” adalah tantangan terbesarnya, terutama jika diri sendiri tidak dalam posisi memungkinkan untuk menjalin relasi intim dengan berbagai alasan.

Apa yang bisa kamu lakukan adalah bertahan sekuatnya menjadi wanita profesional dalam pekerjaanmu, tidak mencampurkan perasaan pribadi dengan pekerjaan. Minimalkan interaksi non-pekerjaan dengan atasan tersebut. Libatkan teman sekerja lainnya jika memang harus bersama dengan atasan di situasi non-pekerjaan. Hindari dan diamkan saja jika ada upaya darinya untuk mengontakmu di luar urusan pekerjaan. Setiap kali kamu tergoda untuk melangkah lebih lanjut ke area personal bersamanya (berinteraksi di luar urusan pekerjaan), selalu tanyakan pada dirimu sendiri, "Kalau aku berada dalam posisi sebagai pasangan si atasan dan mengetahui pasanganku itu berinteraksi hangat dan intim dengan teman kantornya, apa rasanya? Maukah aku diperlakukan begitu?"

Jangan biarkan dirimu merusak hubungan orang lain, sebesar apa pun jatuh cintamu padanya. Karena jika kamu melakukannya, selalu akan ada akibat buruknya yang kembali padamu.

Coba juga buka mata, hati, dan telinga. Siapa tahu ada pria lajang di sekelilingmu yang mampu mengalihkan duniamu padanya, sehingga tak terfokus pada si atasan.

Salam

Fredrick Dermawan Purba
Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran

(tty)

Baca Juga

Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?

Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?