Takut Menanyakan Status TTM

Takut Menanyakan Status TTM

Takut menanyakan status TTM (Foto: Shutterstock)

Dear Bang Jeki,

Perkenalkan nama saya Cantika. Sudah setahun ini dekat dengan seorang pria. Kita sudah jalan bareng dan kerap berhubungan mesra, bahkan dianggap teman-teman saya menganggap bahwa kami pacaran. Saya tidak berani menanyakan status hubungan kami, karena saya takut kalau menerima kenyataan yang pahit. Apa yang harus saya lakukan?

JAWABAN:

Dear Cantika,

Seorang bijak pernah berkata, "Kebenaran, meski menyakitkan, jauh lebih baik daripada kebohongan yang menyenangkan". Keterbukaan dan kejujuran adalah salah satu tiang penyangga sebuah bangunan hubungan pasangan kekasih. Melalui saling terbuka dan saling jujur, komitmen kedua belah pihak dapat terukur. Kemesraan dan kedekatan adalah dua tiang penyangga lainnya yang tampaknya sudah hadir dalam hubungan kamu dengannya.

Saran saya cuma satu: bertanyalah. Tanyakan padanya apa yang terjadi di antara kalian selama setahun ini? Apakah kalian dapat disebut sebagai pasangan pacaran, atau tidak? Lakukan saat kalian sedang berdua saja di tempat yang cukup punya privat. Mulailah dengan mengatakan bahwa Anda dan dia sudah kenal dan dekat selama setahun. Anda merasa nyaman bersamanya. Hanya ada satu pertanyaan yang mengganggu Anda, yaitu 'apakah aku dan kamu pacaran?', lalu tanyakan apa pendapatnya. Setelah itu perbincangkanlah apa pun responnya.

Anda takut akan menerima kenyataan pahit jika ternyata jawabannya adalah tidak sesuai harapan. Tapi mungkin saja kan jawabannya sesuai harapan Anda? Jika pun tidak, apakah Anda mau hanya seterusnya jadi teman tapi mesra (TTM), yang tiap saat bisa ditinggalkan? Selamat menemukan jawaban pertanyaanmu.

Fredrick Dermawan Purba

Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran

KLIK DI SINI untuk mengirimkan pertanyaan Anda seputar rambut, kecantikan, perawatan tubuh, fashion, hingga kehidupan pribadi.

(tty)

Baca Juga

Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?

Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?