Dua Tahun Hubungan, Pacar Masih Pelit

Dua Tahun Hubungan, Pacar Masih Pelit

Dua tahun hubungan, pacar masih pelit (Foto: Dailyfantasyradio)

HALO Bang Jeki, saya Gendis asal Solo. Saya sudah berpacaran dengan seorang pria selama dua tahun, tapi masih saja dia pelit untuk semua yang berkaitan dengan uang. Bukannya saya matre, tapi sebagai perempuan saya ingin ditraktir, bukan malah bayar sendiri-sendiri. Kalau saya tidak punya uang pun, dia pasti hanya meminjami, dan pasti akan ditagih.

Normalkah jika saya ingin ditraktir? Atau saya terlalu banyak menuntut? Bagaimana cara mengubah pacar saya agar tidak terlalu pelit? Bagaimana kelak kalau kami berkeluarga jika dia pelit seperti ini?

Jawaban:

Dear Gendis,

Menarik sekali apa yang kamu ceritakan tentang pacarmu terkait uang. Yang pertama saya perlu sampaikan adalah, wajar saja sebagai perempuan kamu ingin sesekali ditraktir atau dibelikan sesuatu oleh pacarmu.

Saya sebagai laki-laki juga ingin sesekali ditraktir atau dibelikan sebuah barang oleh pacar. Ada beberapa hal lain yang dapat menjadi diskusi, dengan dirimu sendiri dan diskusi dengan pacarmu. Coba tilik kembali saat awal kalian berdua belum pacaran atau saat dia mendekati kamu.

Apakah dia pernah memberikan sesuatu atau membayari kamu sesuatu (nonton, makan, ongkos taksi, dll) saat itu? Jika ya, berarti dia baik-baik saja sebagaimana laki-laki lainnya. Kalau tidak, mengapa saat itu kamu tidak merasa aneh ya dengan laki-laki yang sedang mendekati, tetapi tidak pernah membayari atau memberikan sesuatu secara cuma-cuma padamu?

Coba tilik kembali selama kalian berpacaran dua tahun ini, apakah dia pernah menyampaikan padamu tentang usahanya atau tabungannya atau ke mana uangnya dia simpan atau investasikan? Jangan-jangan dia tidak ingin menghamburkan uang untuk yang tidak perlu, karena punya investasi atau usaha yang membutuhkan uang. Jika tidak tahu, coba tanya padanya. Coba tilik kembali selama berpacaran dua tahun ini, pernahkah kamu menyampaikan hal ini kepadanya dan mendiskusikan apa yang menjadi penyebabnya?

Pernahkah kamu mengatakan padanya, "Sayang, aku merasa sedikit heran padamu karena aku belum pernah sekali pun ditraktir oleh kamu selama kita pacaran. Kamu juga berhitung teliti sekali soal uang, terutama dengan menagih kembali uang yang aku pinjam dari kamu, meski sekecil apa pun. Bolehkah aku bertanya apa sebabnya?". Kalau belum pernah, silakan dilakukan. Semoga mendapatkan jawaban yang lengkap dan jelas dari pacarmu.

Terakhir, dari semua jawaban yang kamu peroleh dari hasil tilik-menilik dan berdiskusi dengan pacarmu, baru kamu dapat menjawab sendiri pertanyaanmu, "Bagaimana kelak kalau kami berkeluarga jika dia pelit seperti ini?".

Salam,


Fredrick Dermawan Purba

Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran

(tty)

Baca Juga

Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?

Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?