Mencegah Terjadinya Ingrown Hair

Mencegah Terjadinya Ingrown Hair

Tips mencegah terjadinya ingrown hair (Foto: Wikihow)

HAI mbak Deby,

Saya Lola dari Jakarta. Apa yang harus saya lakukan jika terjadi ingrown hair pada kaki? Bagaimana cara mencegahnya? Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

Jawaban:

Salam kenal untuk Lola dari Jakarta,

Ingrown hair adalah terjadinya bulu yang tumbuh ke arah dalam, di mana bulu biasanya tumbuh ke arah luar. Hal ini sering menyebabkan timbulnya benjolan pada permukaan kulit, bahkan bisa menghitam atau pun mengakibatkan infeksi.

Cara mencegahnya adalah dengan perawatan kulit yang sehat, dan hati-hati dalam mencukur bulu kaki. Sebaiknya lakukan laser hair removal agar dari akar folikel rambutnya yang diterapi, sehingga tidak tumbuh lagi. Proses cukur biasa atau sekadar waxing kadang-kadang menimbulkan masalah, karena tetap terjadi pertumbuhan dari folikelnya yang masih tetap aktif, sehingga tumbuhnya bisa tak tentu.

Cara pencegahan yang lain adalah dengan memakai pelembap mengandung antioksidan. Cukup dipijat agar peredaran darah menjadi lancar, dan sel kulit mati terangkat. Kulit pun bersih dan pertumbuhan rambut normal.

Jika sudah terjadi, maka kunjungi dokter kesayangan Anda, dia akan melakukan insisi dengan jarum kecil steril untuk membuka jalan agar rambut tumbuh keluar, dan memberikan salep steroid DNA antibiotik.

Semoga saran ini berguna, dan jangan khawatir. Jika dapat dicegah dengan baik, maka kulit kaki akan kembali mulus. Yang penting jaga asupan makanan dan keseimbangan hormon agar kulit tetap sehat dan indah.

Salam manis

dr Deby Vinski, AAMS, Msc Prevmed

President World Council of Preventive Medicine (WOCPM)

(yac)

(tty)

Baca Juga

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan <i>Massage</i> dan <i>Spa</i>?

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Massage dan Spa?