Agar Kulit Tidak Melepuh Terkena Minyak Panas

Agar Kulit Tidak Melepuh Terkena Minyak Panas

Agar kulit tidak melepuh terkena minyak panas (Foto: Sheknows)

HALO mbak Deby,

Nama saya Ria. Sebagai ibu rumah tangga, saya selalu memasak di dapur. Terkena cipratan minyak adalah hal biasa. Selain itu, saya juga kerap terkena panci panas hingga kulit saya melepuh. Adakah cara agar kulit yang terpapar panas seperti itu tidak melepuh? Benarkah dioleskan mentega atau pasta gigi?

Jawaban:

Ibu Ria manis, pasti masakannya sedap sekali dan makin dicintai keluarga.

Luka bakar adalah luka yang terjadi akibat sentuhan permukaan tubuh dengan benda-benda yang menghasilkan panas (bisa berupa api secara langsung mau pun tidak langsung, paparan suhu tinggi dari matahari, listrik, maupun bahan kimia, air, dll), atau zat-zat yang bersifat membakar (asam kuat, basa kuat).

Pada masalah bu Ria, maka kulit melepuh terjadi karena luka bakar akibat panas atau api. Pertolongan pertama dengan memberikannya suhu dingin, dapat dengan segera disiram dengan NaCl atau pun air bersih dingin mengalir dengan segera, agar kulit mendingin, juga jika ada kotoran dapat segera terlepas.

Proses kerusakan jaringan akibat panas tadi dapat dihentikan dengan mendinginkan daerah yang terbakar, dan mempertahankan suhu dingin ini pada satu jam pertama sehingga kerusakan lebih dangkal dan cepat sembuh.

Oleskan krim khusus luka bakar yang mengandung antibengkak, antiinflamasi, dan antibiotik. Jika lukanya terbuka, konsumsi vitamin A, C, dan E, serta makan buah berserat agar terjadi regenerasi pertumbuhan kulit baru yang sehat dan cepat.

Cara terbaik lain adalah lebih berhati-hati dan memakai sarung tangan khusus memasak di dapur agar area tubuh lebih terlindung.

Semoga cepat sembuh..

 

dr. Deby Vinski, AAMS, Msc Prevmed

President World Council of Preventive Medicine (WOCPM)


KLIK DI SINI untuk konsultasi seputar perawatan tubuh, rambut, wajah, kesehatan, hingga urusan asmara. (yac)

(tty)

Baca Juga

<i>Bye Bye</i>...Ketiak Hitam, Ini Solusinya

Bye Bye...Ketiak Hitam, Ini Solusinya