Tiket Pesawat Murah Dihilangkan, Persaingan Maskapai Ketat

Tiket Pesawat Murah Dihilangkan, Persaingan Maskapai Ketat

Tiket pesawat (Foto: Jaunted)

MANTAN Direktur Utama Merpati Airlines, Sardjono Djony menyetujui kebijakan Ignasius Jonan terkait peraturan tarif batas bawah untuk maskapai.

Kebijakan merevisi tarif batas bawah dilakukan Menhub dinilai meningkatkan persaingan maskapai secara sehat. Persaingan sehat ini dikarenakan pihak maskapai tidak memberikan tarif rendah, sehingga semuanya bersaing dari sisi pelayanan.

“Saya sangat setuju ini. Menteri Perhubungan menerapkan tarif batas bawah 40 persen dari tarif batas atas. Jadi diberikan kesempatan untuk maskapai bersaing secara sehat,” kata Sardjono kepada Okezone melalui sambungan telefon, Kamis (8/1/2015).

Pelayanan yang dimaksud Sardjono adalah bukan saja pelayanan saat pesawat terbang, tetapi menjamin perawatan pesawat demi keamanan dan kenyamanan penumpang. Selain itu, segi manajemen yang baik tidak bisa dipisahkan dari hal ini.

“Servis bukan hanya saat terbang, tetapi termasuk menjamin perawatan pesawat lebih baik. Sehingga memiliki on time yang baik pula,” lanjutnya.

Sardjono menjelaskan bahwa maskapai dengan tarif rendah ditakutkan mengurangi pelayanan, baik pelayanan pesawat maupun lainnya. Namun, itu tidak berarti standar keselamatan maskapai murah lebih rendah dibanding maskapai lain.

“Saya tidak mengatakan bahwa keselamatan penerbangan murah rendah. Menjadi salah kalau untuk mengejar tiket murah, maintenance dikurangi, training pilot dikurangi,” ucapnya.

Sardjono mengatakan kebijakan ini bentuk kemajuan bagus dari Kementerian Perhubungan. Pasalnya, ia mengaku menyuarakan hal ini sejak dulu. Tetapi baru tahun ini hal tersebut dapat terwujud.

Namun, Sardjono menjelaskan bahwa yang dilakukan Menhub adalah bukan penghapusan penerbangan murah, tetapi perbaikan keputusan menteri mengenai tarif batas bawah untuk maskapai komersial.

(jjs)

Baca Juga

5 Wahana Paling Favorit di Ancol ketika Libur Lebaran

5 Wahana Paling Favorit di Ancol ketika Libur Lebaran