Kegemukan Bikin Sulit Hamil, Benarkah?

Kegemukan Bikin Sulit Hamil, Benarkah?

Kegemukan bikin sulit hamil? (Foto: Nirogilanka)

DOK, saya ingin menanyakan apakah kondisi badan yang terlalu kurus dan terlalu gemuk biasanya cenderung sulit hamil, benarkah?

Nurlita - Semarang

Kegemukan (obesitas) merupakan kondisi dimana indeks metabolik dasar seseorang melebihi 25-30 persen. Pada keadaan ini, terdapat timbunan lemak yang berlebih pada seseorang. Lemak merupakan komponen yang memiliki peran penting dalam tubuh dalam pengaturan keseimbangan hormon.

Komponen dalam lemak tubuh sebagian akan diubah menjadi hormon yang serupa dengan hormon kesuburan, sehingga mengganggu keseimbangan hormonal secara umum, dan tentunya mengganggu kesuburan. Sebaliknya jika terlalu kurus, harus diketahui apakah kondisi tersebut diakibatkan kurang masukan makanan dan zat gizi, adanya penyakit-penyakit menahun atau karena metabolisme yang terlalu tinggi tanpa sebab yang jelas. Tentu saja semuanya dapat memengaruhi kesuburan dan bahkan jika terjadi kehamilan maka akan berisiko kepada janin.

Penelitian menyebutkan bahwa mengubah kegemukan/kekurusan menjadi berat badan yang lebih baik (meskipun belum tentu ideal) saja ternyata dapat meningkatkan kesuburan hingga 50 persen.

dr. Dwirani Amelia, SpOG

RS Budi Kemuliaan Jakarta

(ren)

Baca Juga

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?