Lima Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Lima Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Ada lima cara untuk mengecilkan pori-pori wajah (Foto: Nirvelli)

SALAM kenal Mbak Wulan, nama saya Dini. Saya punya masalah dengan permukaan kulit wajah. Pori-porinya besar, jadi mudah masuk debu dan kotoran. Bagaimana cara untuk mengecilkan pori-pori kulit?
 
Jawab:
 
Hai Dini cantik, pori-pori besar pada wajah seringkali dikeluhkan karena membuat tampilan wajah kurang maksimal. Pada dasarnya, pori-pori tak bisa diperkecil tetapi dapat diringkas agar tidak terlihat membesar. Caranya adalah dengan melakukan pembersihan wajah setiap hari, pada pagi dan sore hari, termasuk menghindari penyebab yang membuat pori-pori kotor dan terlihat besar.
 
Pemicunya antara lain adalah kotoran, debu, dan sel kulit mati. Minyak pada wajah yang sebenarnya berfungsi menjaga pori pori dengan membentuk lapisan juga bisa menjadi penyebab karena jika jumlahnya berlebih, maka akan membuat pori pori menjadi besar. Paparan sinar matahari juga dapat mempercepat dan mengentalkan sel sel kulit di sekitar tepi pori-pori seolah itu terlihat lebih besar.
 
Lakukan lima langkah berikut agar pori-pori dan kulit selalu dalam keadaan sehat dan terlihat cantik: 
 
Bersihkan wajah. Kunci untuk membuat pori-pori sehat adalah dengan membersihkan wajah secara teratur, baik sebelum beraktivitas ataupun sebelum tidur. Penting sekali untuk menjaga kebersihan kulit wajah sebelum  tidur agar regenerasi sel dapat bekerja dengan efektif.
 
Peeling. Untuk membersihkan kotoran membandel yang menyumbat pori-pori, lakukan scrubbing secara teratur. Anda bisa menggunakan produk yang mengandung asam salisilat atau scrub untuk mengeluarkan minyak, kotoran, dan bakteri yang menyumbat pori-pori serta mengangkat komedo.
 
Gunakan masker wajah. Anda bisa menggunakan masker untuk mengencangkan kulit wajah dan mengangkat sisa sisa kotoran.
 
Lindungi kulit dari paparan matahari. Saat keluar rumah, selalu gunakan tabir surya (pelembap) untuk mencegah sinar UV matahari dan mencegah kulit dari radiasi. Anda dapat juga menggunakan topi atau payung untuk meminimalisir efek buruk sinar matahari.
 
Kertas minyak. Ini berfungsi meminimalisir minyak berlebih pada wajah.
(ftr)

Baca Juga

Bolehkah Ibu Hamil Lakoni Perawatan <i>Stem Cell Anti-Aging?</i>

Bolehkah Ibu Hamil Lakoni Perawatan Stem Cell Anti-Aging?