Penyebab Lokasi Rambut Rontok Wanita & Pria Berbeda

Penyebab Lokasi Rambut Rontok Wanita & Pria Berbeda

Tempat kerontokan rambut wanita dan pria cenderung berbeda (Foto: Oneibeauty)

SELAMAT siang, Pak Rudy. Apa kabar? Saya Dian dari Karawaci. Saya ingin bertanya, apakah ada perbedaan hormon yang menyebabkan kerontokan pada rambut wanita dan pria? Mengapa pria lebih cenderung mengalami kebotakan pada bagian depan sementara wanita banyak mengalami kerontokan di bagian tengah atau atas kepala? Terima kasih atas jawabannya, Pak Rudy.
 
Jawaban:
 
Halo Dian, kabar baik. Penyebab rambut rontok banyak sekali. Pada wanita, biasanya terjadi akibat rambut yang terlalu kencang diikat, ketombe, atau pun karena terlalu sering dicatok dan tidak diberi vitamin.
 
Kendati demikian, baik wanita dan pria, kerontokan disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. Hormon dimaksud adalah testosteron yang ada di kepala. Hormon testosteron yang tidak seimbang atau kadarnya berlebihan akan mengakibatkan kerontokan rambut.
 
Hormon DHT atau dyhedrotestosteron adalah hormon yang muncul di saat kita mengalami kekurangan asupan gizi atau ketidakseimbangan gizi. Kurangnya asupan protein, zat besi, kalsium, dan B komplek akan menimbulkan enzim 5-alpha, di mana enzim ini akan mereduksi hormon testosteron menjadi hormon DHT.
 
Begitu hormon tersebut terbentuk, senyawa ini akan menempel di akar rambut sehingga menyebabkan rambut tidak dapat tumbuh dengan sempurna. Pasalnya, akar rambut mengalami kerapuhan.
 
Mengapa pria mengalami kerontokan di bagian depan sementara wanita di bagian tengah adalah karena konsentrasi hormon DHT-nya berbeda. Pada pria, hormon tersebut lebih banyak di bagian depan sedangkan wanita banyak di bagian atas kepala.
 
Mengobatinya bisa dengan terapi untuk merangsang pertumbuhan rambut. Bisa juga menggunakan produk yang mengandung anti DHT. Sekian, selamat mencoba.
 
Salam,
Rudy Hadisuwarno
Pakar dan Maestro Tata Rambut
(ftr)

Baca Juga

Tips Perawatan Rambut yang Sering Diwarnai

Tips Perawatan Rambut yang Sering Diwarnai