Cara Bedakan Anak Kurang Gizi dan Tidak

Cara Bedakan Anak Kurang Gizi dan Tidak

Bedakan anak kekurangan gizi (Foto: Weemade)

DOK, putra saya sering dibilang kurang gizi karena kurus. Usianya 3 tahun dengan berat badan 14 Kg. Lama-lama saya kesal dikomentari begitu. Saya bingung juga sih kenapa berat badannya tidak seperti anak sebayanya. Padahal dia tidak susah makan. Sayur dan buah-buahan pun dia suka sekali. Hanya memang ia tergolong sangat aktif. Bisa dibilang diamnya hanya saat tidur saja. Bagaimana cara memastikan anak saya kurang gizi atau tidak ya, Dok? Ranti- Padang

Jawaban

Sayang sekali moms tidak menyertakan tinggi badan si kecil. Untuk mengetahui status gizi anak, sebaiknya dilakukan pengukuran berat badan (BB) dan tinggi badannya (TB) lebih dulu. Setelah itu, lihat pada tabel ukuran gizi anak yang telah ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) apakah sesuai atau tidak. Kita tidak bisa mengatakan anak moms kekurangan gizi atau tidak sebelum dilakukan pengukuran.

Anak yang tampak kurus belum tentu kekurangan gizi. Bisa jadi karena ia lebih tinggi dari teman sebayanya sehingga terlihat kurus. Sebaliknya, anak yang bertubuh gemuk juga belum tentu sehat. Kegemukan pada usia anak-anak bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan kardiometabolik seperti diabetes, penyakit jantung atau stroke saat dewasa.

Selain itu, perhatikan juga aktivitas yang dilakukan anak sepanjang hari. Biasanya, anak yang kurang gizi terlihat kurang berenergi sehingga tidak aktif seperti anak-anak pada umumnya. Jika anak Moms termasuk aktif, daya tangkapnya bagus, dan pola makannya teratur, mungkin saja tubuhnya tinggi sehingga anak tampak lebih kurus. Jika Moms kurang yakin dan ingin memastikan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter anak atau gizi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

dr. Florentina M. Rahardja, M. Gizi, SpGK

RS. Royal Taruma

 

(ren)

Baca Juga

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?