Penyebab Gigi Anak Jadi Tonggos

Penyebab Gigi Anak Jadi Tonggos

Penyebab gigi anak jadi tonggos (Foto: Pixshark)

DOK, anak saya berumur 4 tahun. Apa benar jika gigi susu anak dicabut terlalu cepat atau anak terjatuh lalu gigi susunya copot, dapat sebabkan gigi jadi tonggos? Apa yang sebaiknya dilakukan? Apa saja penyebab gigi tonggos?

Intan, Bogor

Jawaban
 
Memang benar, jika gigi susu yang belum pada waktunya sudah dicabut bisa menyebabkan gigi tonggos. Tonggos dalam istilah kedokteran dikenal dengan gigi protrusi, yaitu kondisi dimana gigi-gigi rahang atas jauh lebih ke depan daripada gigi rahang bawahnya. Jarak normal antara gigi atas dan bawah adalah 2–4 mm.

Untuk diketahui, salah satu fungsi gigi susu adalah sebagai panduan erupsi/pertumbuhan gigi tetap atau gigi permanen. Jika dicabut sebelum waktunya atau terlalu dini, misalnya karena anak mengalami trauma (jatuh, terbentur, dan sebagainya), maka peran gigi susu tersebut akan hilang dan menyebabkan benih gigi tetap menjadi kehilangan panduan arah pertumbuhan. Akibatnya timbul malposisi gigi. Gigi dapat tumbuh tidak beraturan atau berubah arah yakni lebih ke depan, lebih ke belakang atau malah berputar.

drg. Avianti Sectiotania, SpKGA

Klinik Audy Dental

 

(ren)

Baca Juga

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?