Perlukah Rambut Rusak Dipotong Cepak?

Perlukah Rambut Rusak Dipotong Cepak?

Perlukah rambut rusak dipotong cepak? (Foto: Paulwhartonstyle)

SIANG Pak Rudy, saya Zia dari Malang.

Saya memiliki rambut yang bermasalah; kusut, kering, dan rusak. Teman saya menyarankan untuk memotong cepak (saya memakai hijab) agar saya bisa merawat rambut dari awal. Apakah ini merupakan cara yang tepat? Terima kasih atas solusi yang Anda berikan.

 

Jawaban:

Halo Zia,

Memang yang pertama adalah dipotong sedikit ujungnya, terutama bagian yang rusak, ya karena bagian yang pecah sebaiknya memang harus segera dibuang, kira-kira 5 cm gitu potongnya. Jadi enggak perlu dipotong cepak sih sebenarnya.

Kemudian yang penting perawatannya harus memakai hair mask khusus untuk rambut rusak, dan dilanjutkan dengan pemakain serum. Jadi pertama misalkan Zia cuci rambut, usahakan diberi masker rambut juga, lalu dikeringkan dengan handuk. Setelah itu baru oleskan serumnya ke seluruh batang rambut dan didiamkan sampai sekitar 15 menit, dan kemudian cuci lagi.

Pemakaian maskernya sendiri pun lebih baik dilakukan setiap kali habis keramas, karena kondisi rambutnya sudah rusak, jadi lebih baik dilakukan secara rutin agar kondisi rambut Zia normal kembali.



Salam,

 

Rudy Hadisuwarno

Pakar dan Maestro Tata Rambut

(yac)

Baca Juga

Tips Perawatan Rambut yang Sering Diwarnai

Tips Perawatan Rambut yang Sering Diwarnai