Bagaimana Melatih si Kecil agar Cepat Jalan?

Bagaimana Melatih si Kecil agar Cepat Jalan?

Agar anak cepat bisa jalan (Foto: Thechart)

DOKTER, putra saya Baim berusia 15 bulan, hingga kini ia belum bisa berjalan. Padahal banyak anak usia setahun sudah bisa berjalan. Sebenarnya berapa batas usia toleransi anak seharusnya sudah bisa berjalan? Bagaimana melatih si kecil agar cepat bisa berjalan? Apakah menggunakan baby walker membahayakan? Alat apa saja yang dianjurkan untuk melatih si kecil berjalan? Terima kasih. Aurel - Manado

Jawaban:

Pada umumnya anak dinyatakan mulai bisa berjalan antara usia 12 hingga 17 bulan. Jika di bawah usia 12 bulan bayi sudah mau berjalan dan atas keinginannya sendiri, hal tersebut adalah wajar. Namun perlu diingat, jika bayi berusia di bawah satu tahun dan belum ada keinginan untuk berjalan maka tidak boleh dipaksakan, karena akan membahayakan pertumbuhan pada kaki bayi nantinya. Mengapa? Sebab kaki bayi belum kuat menopang berat badannya, sehingga bila dipaksakan akan mengubah bentuk kaki saat ia berjalan. Perubahan bentuk kaki atau cara jalan yang tidak normal ini akan diketahui jika bayi sudah benar-benar pandai berjalan.

Semua kemampuan dan keterampilan bayi itu sesuai dengan perkembangan motoriknya seperti tengkurap, biasanya bayi akan mengalaminya ketika ia berusia tiga bulan, kemampuan untuk duduk pada usia enam bulan. Pada umumnya kemampuan bayi untuk berdiri baru dicapai pada usia delapan sampai 10 bulan.

Jika bayi belum bisa berjalan pada kurun waktu tersebut, maka moms wajib menstimulasinya dengan cara menatih atau melatih bayi berjalan dengan menggunakan alat bantu.

(ren)

Baca Juga

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?