Goulash, Gulai Khas Hungaria

Goulash, Gulai Khas Hungaria

Goulash, gulainya Hungaria (Foto:Thedailymeal)

MENGENALI berbagai negara bukan hanya melalui budaya, tradisi, atau tempat wisatanya saja, tetapi coba cicipi juga kulinernya. Misalnya seperti goulash yang merupakan makanan tradisional dari Hungaria.

Sejumlah kuliner yang merupakan kuliner tradisional masing-masing negara tidak hanya menyimpan sejarah, tapi juga menyuguhkan cita rasa yang lezat. Maka ketika mengunjungi sejumlah negara jangan lupa mencicipi sejumlah kuliner tradisional negara tersebut.

Goulash seperti gulai yaitu berupa rebusan yang berisi daging, mi, dan sayur-sayuran yang dibumbui dengan berbagai rempah. Dilansir dari Thedailymeal, Senin (11/5/2015), berikut beberapa kuliner tradisional mancanegara yang patut Anda ketahui.

Spanyol – paella

Paella adalah hidangan nasi ala Spanyol yang berasal dari wilayah Valencia di pantai timur Spanyol. Setiap hari paella dibuat di Spanyol. Hidangan ini terbuat dari bahan dasar nasi yang dimasak dengan campuran berbagai jenis bahan. Paella dimasak menggunakan tambahan saffron, yakni bumbu yang menghasilkan warna kuning keemasan yang menarik. Ada banyak versi paella karena masyarakat sering membuatnya sesuai dengan selera masing-masing. Bahan yang sering ditambahkan yakni bisa berupa potongan daging ayam, daging babi, kerang, ikan, belut, cumi-cumi, serta beberapa tambahan sayuran berupa buncis, kacang polong, artichoke atau paprika.

Lebanon – kibbeh

Kibbeh adalah hidangan yang sangat popular di Suriah dan Lebanon. Makanan ini terbuat dari bulgur, yakni biji gandum yang kemudian dicampur dengan cincangan bawang, daging domba, kambing atau unta. Bentuknya menyerupai bentuk kroket yang bagian dalamnya diberi isian daging cincang. Bentuk lain juga dapat dibuat seperti bentuk bulat.

Korea – bulgogi

Bulgogi adalah satu hidangan yang paling popular di Korea dan saat ini sedang digandrungi di seluruh dunia. Makanan ini terbuat dari irisan daging sapi yang diolah sehingga menghasilkan rasa yang manis dan gurih. Bulgogi biasa disajikan dengan daun selada dan saus cabai merah atau biasa disebut kochujang.


Prancis – pot-au-feu

Menurut Yayasan James Beard, hidangan prancis klasik ini jika diterjemahkan berarti “panci di atas api”. Makanan ini terdiri dari kaldu sapi hangat yang berisi daging dan sayuran di dalamnya. Bahan yang digunakan sering berbeda antara satu provinsi dengan provinsi lainnya tetapi metode yang digunakan tetap sama.

Hungaria – goulash

Goulash berasal dari wilayah Hungaria pada etnis Eropa Tengah dan Skandinavia pada abad ke 9. Goulash berbentuk seperti gulai dan masyarakat sering menyebutnya dengan “Gulyas”. Makanan ini berupa sup atau rebusan yang berisi daging, mi, dan sayur-sayuran yang dibumbui dengan berbagai rempah.

(ndr)

Baca Juga

HARI MERDEKA: Jajanan Kaki Lima Bisa Masuk dan Disajikan di Hotel Bintang 5!

HARI MERDEKA: Jajanan Kaki Lima Bisa Masuk dan Disajikan di Hotel Bintang 5!