Galau Menunggu Balasan SMS Mantan Kekasih

Galau Menunggu Balasan SMS Mantan Kekasih

Ilustrasi wanita sedang SMS-an (Foto: Dainiksaveratimes)

MAS Jeki, saya Lina.

Saya baru saja mengucapkan selamat ulang tahun ke mantan kekasih saya lewat SMS, namun tidak ada balasan darinya. Saya terlalu gelisah, bahkan sampai tidak mau lihat notifikasi apakah pesan saya sudah dibaca atau belum.

Apakah ini berarti saya masih ada perasaan dengannya? Saya mengucapkan selamat ini dengan tulus untuk silaturahmi, tapi mengapa saya merasa gelisah seperti ini?



Jawaban:

Dear Lina yang sedang bingung,

Satu hal yang perlu kamu ketahui adalah bahwa perasaan yang pernah kamu rasakan saat bersama dengan mantan kekasih (saat itu masih berstatus sebagai kekasih) terekam di bagian otak yang menyimpan memori jangka panjang. Ingatan yang disertai muatan perasaan memang lebih kuat jejaknya, dan sebuah stimulus berupa ingatan akan ulang tahunnya atau SMS ulang tahun darimu tentunya akan membangkitkan ingatan akan dirinya dan tentunya perasaan yang menyertainya. Jadi kalau kamu bertanya apakah kamu masih punya perasaan dengannya, tentu jawabannya iya. Sampai nanti kamu tua pun, jika bertemu dengannya pasti akan ada jejak rasa meski pun hanya sedikit. Ingat, otak manusia bukan hard disk komputer yang bisa ‘send to recycle bin’ lalu ‘delete’ begitu saja.

Jadi saya berpegang saja pada pernyataanmu di setengah kalimat terakhir “Tapi saya mengucapkan selamat ini dengan tulus untuk silaturahmi” karena memang itu yang kamu niatkan untuk lakukan. Perasaan gelisah dari SMS itu sebentar juga akan hilang, terlebih jika kamu memang tidak punya keinginan dan niat kembali bersamanya. Nikmati hidupmu saat ini dan majulah terus ke depan untuk menciptakan pengalaman romantis indah bersama kekasih yang baru.



Salam,

Fredrick Dermawan Purba

Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran

(yac)

Baca Juga

Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?

Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?