Atasi Flek Hitam Menahun Secara Alami

Atasi Flek Hitam Menahun Secara Alami

Ilustrasi wajah bebas flek hitam (Foto: 3pointproducts)

SAYA Delia (36). Saya mengalami masalah flek hitam di wajah sudah beberapa tahun. Bagaimana cara untuk menghilangkan flek hitam di wajah secara alami, tanpa harus melakukan penanganan medis seperti dilaser?



Jawaban:

 

Dear Bu Delia manis,

Flek hitam di wajah dapat dikurangi dan diatasi dengan dua cara secara bersamaan, yaitu perawatan dari luar dan dari dalam. Flek hitam atau hiperpigmentasi disebabkan oleh banyak hal, antara lain

faktor genetk atau keturunan, beberapa orang pada masa dewasa memiliki “bakat” untuk timbul flek coklat pada wajah; pemakaian obat pencegah kehamilan atau suntik KB, kehamilan, bekas luka atau pun jerawat, sinar matahari; pemakaian obat tertentu, seperti antibiotik, antiepilepsi, dan antiperadangan; penggunaan kosmetik yang kemungkinan besar mengandung merkuri dan asam salisilat di masa lalu.

Cara mengatasi paling awal adalah mengurangi semua faktor penyebab di atas (kecuali genetik). Usaha untuk mengatasi flek di wajah tidak bersifat instan sehingga dibutuhkan ketekunan dalam menggabungkan perawatan wajah sehari-hari. Pastikan nutrisi mengandung serat dan vitamin cukup untuk mempercepat pergantian kulit baru.

Terapi alami adalah membersihkan wajah dengan seksama setiap hari dua kali, lalu memakai krim tabir surya saat akan beraktivitas.

Perawatan teratur mulai dari memakai masker bengkuang buatan sendiri, maupun jeruk nipis hingga pemakaian krim pemutih (bleaching cream) aman yang bisa didapat di klinik, bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Fungsi krim pemutih, selain mengangkat lapisan tanduk pada kulit, juga mencerahkan warna kulit dan menambah kekenyalan kulit wajah. Dengan teknologi kecantikan medis modern tentu saja dapat lebih cepat diatasi, namun secara alami pun dapat diilakukan, hanya butuh waktu lebih lama.



Salam manis selalu,

dr Deby Vinski, AAMS, Msc
Prevmed President World Council of Preventive Medicine (WOCPM)

(yac)

Baca Juga

<i>Bye Bye</i>...Ketiak Hitam, Ini Solusinya

Bye Bye...Ketiak Hitam, Ini Solusinya