Cara Jitu Cerahkan Kuku Tangan

Cara Jitu Cerahkan Kuku Tangan

Ilustrasi kuku cerah (Foto: Hellomagazine)

HI mbak Deby yang cantik, saya Mira,

Saya punya masalah dengan kuku yang kurang cerah. Bagaimana cara mencerahkan kuku tangan?



Jawaban:

Dear Mira cantik,

Pertumbuhan kuku sama halnya dengan bagian rambut,

memerlukan nutrisi dan perawatan. Kuku yang kusam, kurang cerah, dan kurang bercahaya dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan lakukan perawatan kuku secara teratur(manikur maupun pedikur) dapat dilakukan di salon kecantikan atau pun salon nail care.

Perawatan kuku sederhana juga dapat dilakukan di rumah dengan memerhatikan hal di bawah ini.

1. Lindungi kuku

Minimalkan kerusakan kuku, jangan menggigit kuku, gunakan gunting kuku dan usahakan menggunakan sarung tangan karet saat mencuci, karena sabun pencuci piring, deterjen, atau bahan kimia lainnya dapat menyebabkan kuku rapuh.

Kuku dan tangan akan lebih sehat jika dilindungi dengan baik serta akan terhindari kerusakan, infeksi, serta kekeringan.

2. Perawatan teratur bagi kuku

Untuk menjaga kuku tetap sehat, bersihkan dan potong ujung kuku secara teratur. Gunakan cat kuku yang aman dan batasi penggunaan zat kimia. Permukaan kuku dapat digosok dengan busa khusus agar bercahaya tanpa merusak permukaannya. Saat menggunakan krim atau minyak pelembut, pijat daerah sekitar kuku untukmelancarkan peredaran darah dan membuat kuku tumbuh lebih sehat.

3. Makanan bernutrisi penting

Asupan makan bergizi penting bagi kuku. Vitamin C, zinc, kalsium, vitamin B12, dan asam lemak juga diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan kuku. Segelas susu bisa membantu asupan vitamin untuk kesehatan kuku. Makan sayuran dan protein yang cukup untuk menutrisi tubuh termasuk kuku. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kuku rapuh dan kering.



Salam manis selalu,

 

dr Deby Vinski, AAMS, Msc

Prevmed President World Council of Preventive Medicine (WOCPM)

(yac)

Baca Juga

<i>Bye Bye</i>...Ketiak Hitam, Ini Solusinya

Bye Bye...Ketiak Hitam, Ini Solusinya