Jangan Lakukan Ini saat Makan Prasmanan

Jangan Lakukan Ini saat Makan Prasmanan

Mengambil makanan prasmanan (Foto: Huffingtonpost)

DALAM sebuah pesta, makanan kerap disuguhkan dengan cara prasmanan. Meski semua makanan yang tersaji bisa Anda nikmati sesuka hati, tapi ada beberapa tata cara bersantap yang tidak boleh dilanggar. Tentu hal ini bertujuan agar Anda dianggap sopan. Simak ulasan lengkapnya sebagaimana dilansir Thedailymeal, Selasa (11/8/2015).

Jangan mengantre sebelum dipersilahkan

Sebelum menyantap aneka makanan yang tersedia di prasmanan. Jangan sekali-kali untuk mulai menyerobot duluan atau mengantre sebelum dipersilahkan. Jika salah bersikap, Anda akan dinilai tidak sopan, dan cap buruk sebagai orang rakus akan melekat selama acara berlangsung.

Jangan salah ambil piring

Saat penyajian prasmanan biasanya menawarkan dua ukuran piring, yakni piring kecil untuk roti dan makanan penutup, yang lebih besar untuk makanan utama. Lihat dulu makanan yang hendak Anda ambil dari wadah saji prasmanan dan baru tentukan piring apa yang akan Anda gunakan.

Jangan sampai jika Anda sudah mengambil makanan dengan piring kecil, lalu menukarnya dengan piring yang lebih besar. Hal ini juga akan membuat Anda dinilai tidak sopan dan terkesan rakus.

Jangan ambil makanan dengan tangan

Meski makanan yang tersaji terlihat mudah diambil dengan tangan, jangan sekali-kali mengambil makanan tersebut dengan tangan. Gunakanlah penjepit yang sudah tersedia. Selain dinilai sebagai orang yang jorok hal ini juga akan membuat Anda dicap sebagai orang yang tidak sopan.

Jangan bersin

Jika Anda sedang berada di barisan prasmanan, sebaiknya usahakan jangan sampai bersin. Sadarilah, bersin saat Anda sedang berada di barisan makanan prasmanan akan membuat makanan terkontaminasi bakteri dan virus. Oleh karena itu, ketika sudah merasa ingin bersin. Keluarlah dari barisan sejenak untuk bersin.

Jangan ambil makanan terlalu banyak

Meski Anda tergoda untuk mencicipi makanan yang ada di dalam prasmanan. Usahakan jangan ambil porsi terlalu banyak. Cobalah untuk menahan diri untuk tidak mengambil makanan dengan porsi berlebihan.

Cara paling ideal dan terlihat elegan adalah Anda bisa mengambil semua makanan dengan porsi sedikit. Dengan cara ini Anda bisa mencicipi semua hidangan yang ada dengan catatan, atur sedemikian rupa ruang yang ada di atas piring agar tidak terlihat menumpuk dan terlalu banyak.

(yac)

Baca Juga

Sebelum Tidur Adriana Lima Selalu Lahap Gandum, kalau 4 Model Victoria Secret Lainnya Ini yang Dimakan

Sebelum Tidur Adriana Lima Selalu Lahap Gandum, kalau 4 Model Victoria Secret Lainnya Ini yang Dimakan