Teknik Pijatan Keluarkan ASI Tanpa Pompa

Teknik Pijatan Keluarkan ASI Tanpa Pompa

Ibu menyusui (Foto: Televiziunea-medicala)

HALO Dok,

Saya Anti asal Surabaya. Baru tiga bulan lalu saya melahirkan, dan saya akan kembali lagi masuk kantor setelah cuti. Adakah teknik mengeluarkan ASI tanpa perlu alat pompa?



Jawaban:

 

Untuk membantu mengeluarkan ASI lebih banyak ada teknik perah dan pijatan yang bisa dilakukan. Ini bisa dilakukan ibu-ibu di daerah yang tidak memiliki pompa ASI seperti ibu-ibu di kota besar.

Perah ASI cukup menggunakan dua jari. Yang dipijat bukan satu bagian payudara, karena pabrik susu ada di balik daerah hitam di sekitar puting atau areola. Areola diperah dengan dua jari pada titik seperti jam 6 dan jam 12, lalu pindah ke titik jam 3 dan 9. Pencet, perah, pindah, tekan, perah.

Selain dengan teknik perah itu, ada juga teknik pijat oksotosin. Pijat ini berfungsi mendorong hormon oksitosin agar ASI mudah keluar. Untuk melakukan pijatan ini dibutuhkan bantuan orang lain karena ibu harus menelungkup. Pijat dimulai dari punuk sampai setengah punggun atau setinggi tali BH. Pijat dengan menelusuri tulang punggung dengan dua ibu jari di kiri kanan. Pijatan berputar di bagian ini sangat berguna untuk melancarkan keluarnya ASI.



dr Candra Wijaya

Health Team Coordinator Wahana Visi Indonesia

(yac)

Baca Juga

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?

Bolehkah Mengatasi Ruam Popok dengan Menggunakan Krim?