Double Cleansing" untuk Wajah Bersih Mulus">

"Double Cleansing" untuk Wajah Bersih Mulus

Inilah cara melakukan "double cleansing" (Ilustrasi: Femaledaily)

SUDAH sering membaca istilah “double cleansing”? Inilah penjelasan tentang mengapa kita wajib melakukan “double cleansingdan cara melakukannya.

Istilah “double cleansing” ini sebenarnya diperkenalkan pertama kali oleh merek skincare asal Jepang. Dengan mempraktikkan “double cleansing” ini dalam membersihkan wajah, maka kulit wajah terasa lebih bersih dan cerah. Komedo akan jarang terlihat dan jerawat pun jadi enggan muncul. Hasilnya, kulit wajah jadi lebih halus!

Double cleansing” pada dasarnya adalah ritual membersihkan wajah dengan melakukan dua tahap pembersihan agar sisa-sisa makeup, debu maupun kotoran yang menempel di kulit wajah dapat benar-benar terangkat.

Inilah dua tahap “double cleansing” tersebut:

1. Pembersih Wajah/Makeup Remover

Usai beraktivitas seharian, Anda wajib membersihkan wajah dengan memakai produk pembersih wajah/makeup remover, di malam hari. Ya, setelah seharian memakai serum, moisturizer, sunscreen, foundation dan makeup, maka setibanya di rumah, segera bersihkan semua produk yang melekat di kulit wajah Anda.

Pastikan semua sisa makeup terangkat dan tak ada sisa-sisa yang masih menempel di kulit wajah. Ada beragam jenis produk pembersih wajah yang bisa kamu pilih, mulai dari cleansing oil, cleansing milk, cleansing cream hingga toner. Ikuti instruksi pemakaian yang tertera di produk agar kulit wajah Anda benar-benar bersih.

2. Sabun Muka/Facial Wash

Meskipun kamu sudah membersihkan wajah dengan cleansing oil, cleansing milk ataupun cleansing cream sekalipun, tetap wajib melanjutkan pembersihan wajah dengan facial wash atau sabun muka.

Mengapa kita wajib melanjutkan lagi proses pembersihan wajah dengan mencuci muka? Karena sabun muka akan membersihkan pori-pori kulit secara tuntas dari sisa-sisa makeup, debu, kotoran maupun residu dari produk pembersih wajah pertama yang masih menempel, juga mengangkat sel kulit mati.

Jadi mulai sekarang, walaupun produk pembersih wajah yang biasa Anda gunakan menyatakan bahwa mampu mengangkat sisa-sisa makeup dan kotoran, tetap harus lanjutkan ke tahap pembersihan kedua. Beberapa ahli perawatan kulit bahkan menyarankan agar kita rutin mencuci wajah dengan sabun muka sebanyak dua kali sehari.

(rtw)

Baca Juga

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan <i>Massage</i> dan <i>Spa</i>?

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Massage dan Spa?