Soal Minat, Haruskah Ikuti Pilihan Orangtua?

Soal Minat, Haruskah Ikuti Pilihan Orangtua?

Bimbang harus ikuti kemauan orangtua (Foto: Shutterstock)

BANG Jeki yang bijak, saya Nita. Saya sedang bingung memilih jurusan kuliah. Penyebabnya, saya ada perbedaan minat dengan orangtua. Bagaimana jalan tengah yang sebaiknya saya ambil?

Jawaban:

Dear Nita yang sedang bingung.

Apa yang kamu alami adalah pergolakan yang sama dengan banyak siswa SMU/SMK saat menentukan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di jurusan apa. Untuk menjawabmu, saya harus memulai dengan menjelaskan sebuah konsep yang tampak sederhana, tetapi sebenarnya sangat kompleks antara bakat dan minat.

Bakat adalah kekuatan (dan kelemahan) Nita dalam hal kemampuan berpikir, ciri kepribadian, dan kemampuan kerja. Setiap orang punya kekhasan masing-masing, sehingga perlu penelusuran individual yang mendalam.

Sebagai contoh, si A memiliki kekuatan dalam hal terkait hitungan dan daya bayang ruang dalam kemampuan berpikirnya. Sementara si B lebih dominan kuat dalam hal terkait bahasa dan sosial. Tidak ada yang lebih baik di antara A dan B, melainkan perbedaan bakat.

Minat lebih menyentuh aspek rasa, yaitu suka dan tidak suka. Minat juga sangat dipengaruhi lingkungan sekitar dan pengalaman individu itu sendiri.

Seorang remaja yang dibesarkan oleh orangtua yang keduanya adalah dokter dapat saja memiliki minat yang besar terhadap ilmu-ilmu terkait kesehatan, karena sehari-hari hal itulah yang ia amati bahkan alami.

Seorang remaja yang di sekelilingnya adalah pekerja konstruksi mungkin punya minat untuk melanjutkan pendidikan ke ilmu sekitar konstruksi, seperti teknik sipil, arsitektur, atau desain grafis.

Karena itu, hal yang paling baik jika bakat dan minat sejalan sehingga dapat diprediksi bahwa individu tersebut mampu dan suka menjalani tidak hanya pendidikannya, tetapi juga profesi masa depannya.

Bagaimana mengetahui bakat dan minatmu? Pergilah temui seorang psikolog pendidikan yang memang punya keterampilan membantu mengetahui bakat dan minat. Dengan bantuan alat tes psikologi yang tepat dan diskusi yang terarah, kamu akan lebih mengetahui bakat dan minatmu.

Apa hubungannya mengetahui bakat dan minat dengan bantuan psikolog dengan mencari jalan tengah perbedaan keinginan kamu dan orangtua? Saya yakin jika sudah mendapatkan bimbingan dari profesional seperti psikolog, baik kamu maupun orangtua akan lebih mudah menerima apa pun hasilnya, karena semestinya itulah yang terbaik.

Semoga kamu dan orangtua menemukan kesepahaman tentang jalan masa depanmu.

Salam

Fredrick Dermawan Purba, M.Psi
Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, Bandung

(tty)

Baca Juga

Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?

Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?