Beri Uang pada Keluarga, Haruskan Dirahasiakan dari Suami?

Beri Uang pada Keluarga, Haruskan Dirahasiakan dari Suami?

Ilustrasi pasangan suami-istri (Foto: Sheknows)

BANG Jeki, perkenalkan nama saya Ira. Saya seorang istri yang juga wanita karier. Saya memiliki masalah keluarga.

Haruskah saya merahasiakan dari suami saat ingin memberikan uang ke orangtua kandung? Apakah tindakan ini benar? Sebab, dengan memberitahukan ke suami, saya takut terjadi pertengkaran dengan suami. Terima kasih

Jawaban

Dear istri,

Banyak riset menyebutkan bahwa salah satu dari dua sumber konflik utama dalam kehidupan pasangan rumah tangga adalah hal-hal terkait keuangan. Di mana, paling banyaknya adalah soal ketidakjujuran/ketidakterbukaan soal pendapatan, pengeluaran, dan manajerial uang.

Sebagai pasangan, keterbukaan dan diskusi bersama dalam hampir tiap hal adalah kunci utama kebahagiaan dan kelanggengan pasangan. Terkait uang, memang ada candaan yang mengatakan "Uang suami adalah uang istri, dan uang istri adalah uang istri".

Hal ini merujuk pada nilai dalam agama Islam, jika saya tidak keliru, yang menyatakan bahwa penghasilan istri yang bekerja adalah murni kepunyaanya (selama dia bekerja memang izin dari suami).

Bukan berarti lalu istri dapat melakukan apa pun semaunya, termasuk memberikan pada keluarga kandung, tanpa berdiskusi dengan suami. Begitupun sebaliknya jika itu uang suami. Tidak dianjurkan untuk menyembunyikan sebagian pendapatan suami lalu dihabiskan untuk memenuhi hobi atau mengirimkan pada keluarga tanpa diskusi dengan istri.

Karenanya, lebih baik berdiskusilah dengan suami di setiap awal bulan apa saja kebutuhan keluarga, tabungan, cicilan, dan segala macam rencana keuangan lainnya. Sepakati bersama sehingga tidak perlu ada kekhawatiran akan ketahuan atau merahasiakan dari pasangan.

Salam,

Fredrick Dermawan Purba, M.Psi

Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran

(vin)

Baca Juga

Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?

Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?