Tidak Keramas Baik untuk Kesehatan?

Tidak Keramas Baik untuk Kesehatan?

Membersihkan rambut atau keramas (Foto: Philly)

SELEBRITI Kim Kardashian mengaku telah berhenti mencuci rambut rutin dengan sampo. Hal itu dilakukannya dengan dasar bahwa deterjen dalam sampo mengikis minyak alami rambut. Tapi, apakah langkah tersebut bisa menjadi tren sehat?

Kardashian juga mengatakan ia mencuci rambut sekali lima hari. Tapi apakah itu benar-benar bisa baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala? Jawaban tersebut tergantung jenis kepala yang Anda punya, kata ahli kulit dan rambut.

"Langkah tersebut tidak cocok untuk semua kondisi. Itu tergantung dari jenis kulit kepala Anda. Memang ada beberapa jenis rambut yang bisa menolerir cara tersebut, tapi ada juga yang tidak bisa," kata Dr Angela Lamb, direktur Westside Mount Sinai Dermatology di New York City.

Sejatinya rambut terdiri dari protein dan pada setiap akar rambut terdapat kelenjar minyak yang berfungsi sebagai mantel rambut dan melindungi rambut agar tidak mudah rapuh, kata Lamb. Pemikiran di balik tren tanpa sampo atau 'no poo' tersebut adalah untuk menjaga minyak alami rambut.

Namun, ada alasan lain mengapa seseorang harus menggunakan sampo berdeterjen secara teratur. Dr Robert Dorin, ahli bedah transplantasi rambut di New York City, mengatakan bahwa kulit kepala di bawah rambut perlu dibersihkan dari minyak, keringat yang mengering, kotoran, dan sel kulit mati.

“Mencuci rambut tanpa menggunakan sampo tidak akan maksimal membersihkan kulit kepala. Yang ada mereka akan berisiko terkena infeksi jamur dan bakteri, juga risiko kulit kepala teriritasi, mengelupas, bahkan muncul jerawat,” tambah Dr Dorin, seperti dilansir dari Health24, Kamis (31/12/2015).

(hel)

Baca Juga

Jangan Langsung Olahraga Berat Usai Lebaran, Begini Tipsnya!

Jangan Langsung Olahraga Berat Usai Lebaran, Begini Tipsnya!