Waspada, Bumbu Dapur Bisa Bahayakan Kesehatan

Waspada, Bumbu Dapur Bisa Bahayakan Kesehatan

Waspadai penggunaan bumbu dapur (Foto: Womendailymagazine)

PENDIRI dan Presiden dari Forest Trade-Organic Spices di Amerika, Thomas Fricke pernah memberikan pernyataan mengejutkan. Dia mengatakan, bumbu masak dapat lebih membahayakan kesehatan dibanding alkohol.

"Hampir setiap rempah-rempah yang dijumpai di pasar-pasar dan dapur Anda mengandung bahan kimia berbahaya, tapi tidak ada seorang pun ingin berbicara tentang hal tersebut," ujarnya yang dikutip Womendailymagazine, Minggu (7/2/2016).

Bagaimana hal tersebut mungkin?

Seluruh proses terjadi selama pengolahan, penyimpanan dan distribusi produk. Produsen bumbu dapur berbahan rempah-rempah mencoba untuk mendapatkan bahan-bahan lezat sebanyak mungkin. Karena itu, mereka mensterilkan bahan dengan menggunakan etilen oksida selama proses tersebut.

Etilen oksida adalah bahan kimia yang benar-benar berbahaya. Terlalu banyak paparan kimia ini dapat menyebabkan kanker dan mutasi genetik. Bahkan, sedikit saja terpapar dapat menyebabkan iritasi kulit, kerusakan saraf dan otak, depresi dan banyak penyakit lainnya.

Selain itu, bumbu dapur berbahan kimia juga bisa terkontaminasi oleh seranga, rambut hewan pengerat atau bahan kimia berbahaya lainnya. Kadang-kadang juga bisa terkontaminasi kotoran hewan pengerat yang membahayakan kesehatan.

Sayangnya, informasi ini dianggap terbatas, karena kurangnya studi. Tidak ada yang mencoba untuk melakukan penelitian secara menyeluruh tentang ini, meskipun kita menggunakan bumbu dapur berbahan rempah-rempah setiap hari.

Apa yang bisa kita lakukan?

Membeli rempah-rempah organik. Karena, rempah-rempah organik tidak mengandung senyawa buatan atau sintetis, penambah warna dan rasa. Selain itu, rempah-rempah organik aman digunakan, karena tidak mengandung bahan-bahan yang dimodifikasi secara genetik.

Jadi, jika Anda ingin sehat, cobalah beralih ke rempah-rempah organik atau membuatnya sendiri di rumah.

(hel)

Baca Juga

<i>Guys</i>, Olahraga yang Berlebihan Bisa Menyebabkan Infertilitas, <i>Bikin</i> Jumlah Sperma Menurun!

Guys, Olahraga yang Berlebihan Bisa Menyebabkan Infertilitas, Bikin Jumlah Sperma Menurun!