Perhatikan Ini jika Ingin Lepas dari Bayangan Mantan

Perhatikan Ini jika Ingin Lepas dari Bayangan Mantan

Melepas bayangan mantan kekasih (Foto: Floridafamilylawclinic)

PERKENALKAN, nama saya Anton. Saya pria single. Punya masalah dengan mantan kekasih yang kini sudah memiliki suami. Dia selalu mengganggu kehidupan saya. Lantas, bagaimana cara terbaik saya melarangnya untuk mengganggu saya, tanpa harus menyinggungnya. Saya pun juga sudah tidak pernah meresponsnya.

Jawaban

Dear Anton,

Beberapa hal yang perlu saya tekankan sebagai pertimbangan kamu:

1. Perempuan itu adalah mantan kekasih kamu. Karenanya ia tidak lagi memiliki pengaruh besar dalam hidupmu maupun kamu dalam hidupnya.

2. Ia sudah memiliki suami. Karenanya tidak selayaknya lagi ia "mengganggu" kehidupan kamu dengan apa pun yang ia lakukan. Mohon dicek dulu apakah benar ia mengganggu hidupmu atau hanya sekadar menjaga hubungan baik. Indikator termudahnya adalah perasaan yang kamu alami saat ia melakukan hal-hal tersebut. Jika tidak nyaman, maka dapat dipastikan bahwa kamu terganggu.

3. "Tanpa harus menyinggungnya" adalah sebuah pernyataan yang hanya berada di tataran ideal tapi sangat sulit untuk diwujudkan dalam kenyataan. Apa pun cara yang kamu lakukan, meskipun sudah dipertimbangkan sedemikian rupa, pasti akan menganggunya dalam level tertentu karena ia tidak dapat mencapai apa yang ia mau.

Tidak pernah merespons apa pun stimulus darinya adalah cara yang paling tepat untuk kamu lakukan. Suatu saat ia akan berhenti karena bosan/marah/lelah/hilang harap. Saat ada pikiran yang muncul dalam kepalamu semisal "Aduh kasihan dia" atau "Aku jahat banget ya" maka ingatlah poin 1 sampai 3 di atas.

Salam,

Fredrick Dermawan Purba, M.Psi., Psikolog

Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran

 

(vin)

Baca Juga

Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?

Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?