Bocoran Terhindar dari Kesalahan Berbisnis

Bocoran Terhindar dari Kesalahan Berbisnis

Sukses berbisnis (Foto: Gettyimages)

UNTUNG dan rugi adalah dua hal yang lekat dengan bisnis. Kalau tidak untung, ya rugi. Namun, rugi bisa dihindari dengan tidak melakukan kesalahan dalam berbisnis.

Fashion blogger, Diana Rikasari yang menjadikan hobinya sebagai ladang bisnis telah mengalami jatuh bangun dalam membangun usaha. Berangkat dari pengalamannya selama ini, wanita 31 tahun itu kini sudah banyak mengetahui celah agar pebisnis yang baru memulai usahanya terhindar dari keslahan yang berakibat rugi.

"Kesalahan terbesar pemula bisnis adalah mereka buru-buru ingin cepat sukses. Seharusnya itu tidak perlu terjadi, sebab hukum sukses dalam berbisnis itu selalu melalui proses dari bawah," kata Diana kepada Okezone usai mengisi acara Citi Peka di Jakarta, belum lama ini.

Kesalahan pertama adalah buru-buru ingin sewa ruko di area strategis agar cepat dikenal dan untung besar. Itu namanya sudah berpikir kegedean.

"Padahal seharusnya, konsisten dulu menjalani usaha. Semua mulai dari bawah. Pikirkan bagaimana caranya agar tidak mengeluarkan modal dan biaya produksi besar. Misalnya di sewa gudang kecil atau memproduksi di rumah agar lebih hemat," sambungnya.

Kalau sudah konsisten dan kelihatan untungnya secara berkelanjutan, barulah bisnis itu dikembangkan. Sesuaikan budget produksi dengan pendapatan.

(vin)

Baca Juga

DIY <i>Wall Art</i> Cantik untuk Rumah Rustic

DIY Wall Art Cantik untuk Rumah Rustic