Tiga Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Tiga Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

ilustrasi (foto: Okezone)

JAKARTA - Kesehatan tampaknya merupakan hal berharga bagi semua orang. Oleh karena itu, tak heran jika perlindungan kesehatan dicari orang-orang. Selain hidup sehat, tak ada salahnya jika melindungi kesehatan Anda dengan asuransi.

Namun, seperti dikutip dari Cekaja.com, dibanding Anda bingung bagaimana memilih asuransi kesehatan yang tepat, berikut ada beberapa tips dalam memilih asuransi kesehatan yang tepat.

Sesuai Kebutuhan

Saat memilih asuransi, Anda perlu memperhatikan cakupan perlindungan asuransi kesehatan dan sesuaikan dengan kebutuhan. Kenali produk asuransi kesehatan lebih dulu, seperti tersedianya layanan rawat jalan dan rawat inap, atau penyakit tertentu yang tidak dijamin asuransi kesehatan.

Dengan mengecek sejarah kesehatan dalam keluarga, Anda juga dapat menentukan asuransi kesehatan yang tepat sesuai kebutuhan. Selain itu, sesuaikan pula dengan kondisi keuangan Anda.

Cek Polis

Perhatikan polis asuransi sebelum memilih perlindungan kesehatan yang tepat. Anda dapat membaca klausul polis dengan seksama agar benar-benar memahami biaya dan perlindungan yang akan diperoleh. Jika kurang jelas, Anda bisa bertanya langsung kepada petugas asuransi.

Untuk Anda yang sudah berkeluarga, sebaiknya memilih satu polis asuransi untuk satu keluarga agar biaya lebih murah. (Baca juga: Anda Wanita? Pastikan 3 Risiko Ini Masuk dalam Perlindungan Asuransi Kesehatan Anda)

Pilih Jenis Penggantian

Ada beberapa jenis penggantian asuransi kesehatan, yakni menggunakan sistem reimbursement dan kartu keanggotaan. Dengan sistem reimbursement, asuransi berlaku untuk semua rumah sakit.

Sedangkan sistem dengan memperlihatkan kartu keanggotaan asuransi kesehatan hanya berlaku untuk rumah sakit rekanan. Jika Anda memilih sistem ini, terlebih dulu tanyakan kepada pihak asuransi kesehatan, rumah sakit mana saja yang menjadi rekanan mereka.

(amr)

Baca Juga

Jangan Langsung Olahraga Berat Usai Lebaran, Begini Tipsnya!

Jangan Langsung Olahraga Berat Usai Lebaran, Begini Tipsnya!