Permainan Gasing di Indonesian Weekend Hebohkan Anak-Anak London

Permainan Gasing di Indonesian Weekend Hebohkan Anak-Anak London

Permainan gasing di Indonesian Weekend hebohkan anak-anak London (Foto: Tuty Ocktaviany/Okezone)

ACARA terus bergantian memeriahkan ajang Indonesian Weekend di London. Hari ini, permainan gasing paling menyedot perhatian anak-anak di Potters Field Park.

Ajang Indonesian Weekend sukses menghipnotis turis yang mengunjungi Potters Field Park, London. Mereka antusias melihat aksi dari para penampil, mulai dari poco-poco, tarian, musik, hingga permainan gasing.

Menariknya, permainan gasing lebih banyak menyita perhatian anak-anak dibandingkan orang dewasa. Mereka bahkan rela menunggu, agar bisa diberi kesempatan bisa main gasing.

“Sejak kemarin acara Indonesian Weekend, yang suka main gasing anak-anak dibandingkan orang dewasa. Ini menarik, karena menjadi kekuatan diplomasi, di mana mereka jadi mengenal Indonesia lebih dekat dari usia lebih muda,” tutur Ahmad Mahendra, Kasubdit Bagian Program, Evaluasi dan Dokumentasi, Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di London.

Mahendra pun berharap, ajang Indonesian Weekend di London bisa dilakukan kembali tahun depan. “Acaranya bagus, bisa mengenalkan diversity dari Indonesia,” jelasnya.

Saat sesi unjuk permainan gasing di depan panggung utama Indonesian Weekend, banyak pengujung yang melihat langsung. Tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Mereka pun langsung menjajal bermain gasing. Mereka berasal dari negara Tunisia, Prancis, London, dan lain-lain.

“Indonesia mempunyai ratusan gasing dan setiap kabupaten atau kota punya sendiri-sendiri. Saya senang, banyak anak yang ikut bermain gasing. Setiap bermain, saya kasih suvenir kepada mereka. Lucu juga sampai ada yang berebut, karena mereka ada yang tertarik gasing yang dimiliki temannya,” tutup Endi Aras, kolektor gasing kepada Okezone.

Indonesian Weekend sendiri melibatkan banyak pihak, seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Elhijab, para desainer ternama, musisi, pesilat Nusantara seperti Cecep Arif Rahman, Chef Degan, dan lain-lain.

Selama acara berlangsung, area Potters Field seluas 6.000 meter persegi diisi dengan panggung utama bertuliskan ‘Wonderful Indonesia’.

Untuk mengetahui update berita Indonesian Weekend 2016, baca terus di kanal lifestyle.okezone.com yang secara khusus melaporkan dari London.

(tty)

Baca Juga

OKEZONE STORY #1: Saptoyo, "Saya Bahagia Habiskan Masa Kecil di Hutan Mangrove"

OKEZONE STORY #1: Saptoyo, "Saya Bahagia Habiskan Masa Kecil di Hutan Mangrove"