Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?

Dilema Harus Pilih S2 atau Karier?

Dilema berkarier dan kuliah (Foto: Shutterstock)

PERKENALKAN Mbak Ratih, saya Ayu. Saya sedang galau sekolah. Saat ini saya sedang menjalani karier di bidang jurnalistik yang sebenarnya bukan ilmu yang saya pelajari di bangku kuliah, akan tetapi saya suka dengan bidang ini dan berniat untuk melanjutkan S2. Nah, saya bingung saya mempunyai kesempatan untuk melanjutkan namun ada pertimbangan; apakah saya melanjutkan karier yang baru dirintis ini dulu atau memperdalam ilmu untuk karier yang sebenarnya saya pelajari otodidak?

Jawaban

Dear Ayu

Ya, sebelumnya saya mau Tanya, kamu berniat ingin melanjutkan jenjang pendidikan S2 itu untuk apa? Kan sebenarnya kamu sudah langsung “nyemplung”. Gini ya sekolah adalah laboratorium yang mana di sana ada simulasi-simulasi, dikasih teori-teori dan buat peneilitian.

Tapi kan sebenarnya kamu sudah dapat ilmu yang riil di tempat kerja, lalu buat apa? Kalau niatan kamu mau ambil S2 untuk menambah bekal supaya dipekerjaan lebih keren, fine, lakukan. Tetapi itu juga enggak usah ambil S2 kok, kamu bisa kursus penulisan. Belajar saja dari senior itu lebih pakar dan lebih praktisi, belum tentu lho di S2 dosennya lebih expert dan kerja praktik. Kecuali, ingin memiliki karier yang lebih bagus, jenjang pendidikan itu bisa menjadi andalan, ambil deh S2.

(vin)

Baca Juga

Dilema Istri Berpisah Sementara dengan Suami

Dilema Istri Berpisah Sementara dengan Suami