Menarik! Ternyata Lapar dan Haus Bukan Godaan Terberat saat Ramadan!

Menarik! Ternyata Lapar dan Haus Bukan Godaan Terberat saat Ramadan!

Bikin meme lucu bareng 9APPS (Foto: 9APPS)

BAGI umat Muslim, Ramadan adalah bulan suci untuk berpuasa, meningkatkan disiplin dalam ibadah, dan membangun kontrol diri yang lebih baik. Teriknya cuaca tropis, macetnya jalanan, perubahan jadwal makan dan minum, dan tetap harus menjalankan rutinitas sehari-hari menjadikan Ramadan bulan yang menantang.

Untuk mengenal lebih jauh berbagai tantangan Ramadan yang dihadapi para pengguna 9APPS, toko game dan aplikasi Android terdepan dari Alibaba Mobile Business Group ini meluncurkan survei terhadap 8.084 pengguna internet mobile di Indonesia. Hasilnya cukup mengejutkan karena ternyata tantangan terbesar bagi umat Muslim di Indonesia saat Ramadan bukanlah menahan lapar dan haus selama 12 jam masa puasa. Penasaran? Yuk, simak!

*Kaum Muslim di Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan di usia dini

Sekira 70 persen dari para responden mengatakan bahwa mereka mulai berpuasa Ramadan saat berumur kurang dari 10 tahun.

* Lebih dari 50 persen responden pernah dengan sengaja batal puasa dan berpura-pura berpuasa

Fakta yang menarik, karena ternyata sekira 52 persen responden mengaku pernah sengaja membatalkan puasa dalam 5 tahun belakangan. Survei menemukan bahwa 34 persen batal puasa sebanyak 1-3 hari, 8 persen batal selama 3-5 hari, dan 10 persen batal puasa lebih dari 5 hari dalam bulan Ramadan. Mereka yang mengaku batal puasa secara sengaja sebelum waktu berbuka, 57,58 persen mengatakan tetap berpura-pura berpuasa karena malu apabila ketahuan. Sementara, 42,42 persen menyatakan bahwa mereka tidak peduli jika ketahuan tidak berpuasa.

* Tantangan terbesar Ramadan: Bukan Menahan Lapar dan Haus!

Sekira 35 persen responden mengakui tantangannya justru menahan diri agar tetap tenang dan tidak terpancing marah ketika harus berhadapan dengan orang yang menjengkelkan. Tantangan terbesar kedua bagi 34 persen responden adalah tetap bisa beraktivitas penuh di siang hari dalam keadan tubuh cenderung lebih lemah dan mudah terserang kantuk.

* Penyebab terbesar seseorang kehilangan kesabaran dan batal puasa: Macet!

Bagi penghuni kota besar di Indonesia, terutama Jakarta, kejengkelan terbesar yang dihadapi adalah parahnya kemacetan jalan. Sekira 56 persen responden mengakui, tetap tenang dan sabar saat terjebak macet selagi bergegas pulang untuk berbuka puasa adalah tantangan berat.

* Mayoritas dari responden konsisten tetap bersikap jujur

Sekira 51,2 persen responden mengatakan mereka tetap menjaga kejujuran dan tidak tergoda untuk berbuat curang. Mulai dari hal yang terlihat sepele hingga yang besar.

9APPS membantu para pengguna Indonesia untuk menjadi Ramadan Champion

Survei dan temuan-temuan dari 9APPS ini ditujukan untuk membantu para pengguna memahami apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi Ramadan Champion (Juara Ramadan). Menyambut lebaran, 9APPS, si kantong ajaibnya game dan aplikasi, juga memberikan total hadiah ratusan juta rupiah terdiri dari motor, smartphone, voucher belanja dan lainnya.

 

Kumpulkan satu seri kartu yang berhubungan dengan lima jenis godaan yang didapatkan jika mengunduh aplikasi dengan menggunakan 9APPS. Sebagai tambahan, 9APPS juga meluncurkan sebuah koleksi spesial berisi berbagai aplikasi dan game untuk membantu pengguna melewati 12 jam waktu berpuasa. Koleksi spesial ini berisi kumpulan aplikasi yang berguna saat Ramadan yang dikurasi oleh tim lokal 9APPS untuk membantu pengguna dalam menjalankan berbagai aktivitas Ramadan. Tilik saja jadwal salat, aplikasi Al-Qur’an dan aplikasi-aplikasi lainnya yang berkaitan dengan Ramadan. Dengan koleksi aplikasi dan game spesial Ramadan ini, 9APPS memang konsisten menyediakan konten lokal melimpah yang cocok bagi para pengguna di Indonesia.

 

Anda juga bisa menonton video seru yang menceritakan tentang tantangan berpuasa. Anda akan diajak Joko untuk menelusuri kisahnya saat berpuasa. Bisakah Joko melewati puasa dengan lancar di saat harus menunggu waktu berbuka yang terasa lama? Tonton videonya di sini! Pasalnya, video ini telah masuk menjadi top 20 trending di Youtube.

Ikuti juga kontes membuat meme tentang godaan puasa seperti para seleb berikut:

 

Dapatkan smartphone sampai dengan 28 Juni. Jangan lupa like Facebook 9APPS Indonesia dan follow Twitter-nya di @9APPS_ID. Cari hashtag-nya di #9APPSRamadanMeme. Jadikan Ramadan Anda seru dengan #9APPSRamadanMeme kantong ajaibnya game dan aplikasi!

(hth)

Baca Juga

Lampu LED dan Aksesoris <i>Bikin</i> Tunggangan Semakin <i>Keren</i>!

Lampu LED dan Aksesoris Bikin Tunggangan Semakin Keren!