Berkunjung ke Rumah Orang Arab Jangan Lupa Bawa Cokelat & Bunga

Berkunjung ke Rumah Orang Arab Jangan Lupa Bawa Cokelat & Bunga

Berkunjung ke rumah orang Arab jangan lupa bawa bunga dan cokelat (Foto: Shutterstock)

SOAL makanan dan menjamu tamu, masyarakat Arab dikenal dengan keramah-tamahan yang tak ada tandingannya. Secara royal, orang Arab akan menjamu tamunya dengan makanan lezat dan jumlah yang berlimpah.

Di balik itu, ada beberapa hal penting yang perlu jadi perhatian seputar makanan pada tradisi masyarakat Arab. Dilansir dari Canadianarabcommunity, Jumat (29/7/2016) berikut beberapa hal yang bisa jadi panduan untuk Anda.

Bersikap ramah

Semua masyarakat Arab dikenal dengan keramahannya pada teman, tamu ataupun orang yang berpapasan dengannya. Jadi bersikap ramah saat di meja makan akan jadi tanda kalau Anda juga membalas kebaikan mereka. Tunjukkan jika Anda saat itu sedang ada di mood yang bahagia.

Bawa cokelat dan bunga sebagai oleh-oleh

Tuan rumah yang mengudang makan tentu tidak mengharapkan hadiah apapun dari tamu yang diundang, tapi sedikit buah tangan bisa diartikan sebagai suatu tanda hormat. Bawalah beberapa cokelat atau bunga dan tuan rumah akan dengan senang hati mengundang Anda di lain waktu.

Tuan rumah akan mengucap ‘tafathalo’

Jika Anda kebetulan adalah tuan rumah, jangan lupa mengucapkan tafathalo yang artinya adalah satu kehormatan untuk saya. Kata-kata ini diucapkan saat Anda mengajak para tamu untuk menuju ruang makan.

Saat jamuan makan

Ketika jamuan makan tengah berlangsung, tuan rumah akan mempersilahkan Anda mencicipi berbagai makanan yang ada di meja makan. Jangan khawatir jika Anda tidak ingin menyantapnya atau sudah merasa terlalu kenyang. Tuan rumah tidak akan memaksa Anda mencicipi semua jenis makanan.

Tradisi setelah makan

Ucapan terima kasih tentu harus diucapkan tamu kepada tuan rumah setelah jamuan makanan berakhir. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa hormat karena sudah dipersilahkan menyantap jamuan makan. Jangan lupa mengatakan ‘daymah’ atau ‘amer’ yang artinya ‘semoga keberkahan selalu diberkahi untuk rumah ini’

(ndr)

Baca Juga

<i>Bikin Ngakak</i>, saat Lebaran Ini Meme-Meme Kue Lebaran yang Kerap Muncul

Bikin Ngakak, saat Lebaran Ini Meme-Meme Kue Lebaran yang Kerap Muncul